Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 20 Januari 2020

Masjid Siti Djirzanah Di Antara Hiruk Pikuk Malioboro

Muralis Dunia islam

_20200120_090158

YOGYAKARTA – Siapa yang tidak tahu dengan Malioboro. Setiap pengunjung yang ke Yogyakarta pasti ingin datang ke tempat tersebut. Berpose dan berbelanja di lokasi yang tepat berada di pusat kota Yogyakarta.

Malioboro sebenarnya hanya sebuah jalan yang menuju ke Gedung Agung (istana presiden) dan tidak jauh dari stasiun Tugu. Namun karena di kanan kiri jalan tersebut banyak para penjual yang menawarkan berbagai barang terutama pakaian, membuat Malioboro menjadi pusat wisata yang menarik. Ada juga pasar Beringharjo yang begitu terkenal.

Dari sekian banyak spot wisata belanja, ada satu hal yang baru dari Malioboro. Kini di daerah tersebut telah berdiri sebuah masjid di antara deretan ruko dan pedagang kaki lima. Keberadaan masjid tersebut membuat suasana baru bagi Malioboro. Para pengunjung diberikan kemudahan untuk beribadah bila datang waktu sholat. Selama ini agak sulit menemukan masjid di tempat itu.

Masjid tersebut sebenarnya sebuah ruko yang diubah menjadi masjid. Ukuran masjid tersebut seperti ukuran ruko yang ada di sekitarnya. Layaknya ruko maka ukuran masjid itu sepertinya berukuran 4 m x 15 m.

Masjid Siti Djirzanah, demikian nama masjid di antara ruko Malioboro. Menurut penjaga masjid, bangunan tersebut dijadikan masjid sejak Agustus 2018. Nama masjid itu merupakan nama dari ibu pewakaf. “Itu nama ibunya yang bangun masjid ini pak,” katanya.

Ketika saya tanya lebih lanjut, penjaga masjid kecil itu mengatakan bahwa dulunya masjid ini memang ruko, oleh pemilik lalu dijadikan masjid. Pemilik ruko tersebut seorang pejabat di Yogyakarta, tepatnya mantan Walikota Yogyakarta dua periode. Ketika dia datang ke Malioboro dirasakan sangat susah untuk melaksanakan sholat, akhirnya ruko tersebut dijadikannya sebagai masjid.

Kini kita akan lebih mudah untuk melaksanakan sholat lima waktu bila berkunjung ke Malioboro. Lantai atas diperuntukkan bagi jamaah pria dan lantai bawah bagi jamaah wanita.
Kita pun akan terkesan dengan kondisi toilet dan tempat wudhu masjid itu. Meski minimalis namun terkesan mewah.

Bila masuk ke dalam masjid, kita akan memperoleh kenyamanan di tengah hiruk pikuk Malioboro. Semoga masjid tersebut menjadi amal jariyah bagi yang mewakafkannya. Satu lagi destinasi wisata religi bila ke Malioboro maka sholatlah di Masjid Siti Djirzanah.

(mrl)


Populer

×