Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Opini

  • Sabtu, 17 Juli 2021
    Washliyah Between NU dan Muhammadiyah

    Oleh: Raja Fanny Fatahillah

    ORGANISASI Islam merupakan suatu gerakan yang masif pada saat pra-kemerdekaan dengan tujuan ingin menggaungkan semangat kemerdekaan melawan sistem kolonial penjajah. semangat ormas-ormas isIam berhasil membakar militansi  masyarakat muslim khususnya dan  masyarakat nusantara pada umumnya untuk merebut kemerdekaan. kemudian setelah terjadinya proklamasi dan kemerdekaan negeri ini, ormas islam bergerak dinamis seiring perubahan tatanan pemerintahan. Beberapa ormas islam mulai muncul sebagai tatanan baru atau boleh dikatakan sebagai tonggak penggerak rakyat dalam bernegara sekaligus bersosial masyarakat  yang di selimuti nilai-nila keislaman. sebut saja NU, MUHAMMADIYAH, WASHLIYAH, PERSIS, NAHDATHUL WATHAN, dan lain-lain

  • Senin, 14 Juni 2021
    Pendidikan Mau Dikenakan PPN: Melanggar Konstitusi

    Oleh: H. Ridwan Tanjung PEMERINTAH mengajukan perubahan Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 mengenai Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Selain rencana menaikkan tarif PPN dari 10% menjadi 12%, rupanya pemerintah mengusulkan pengenaan PPN untuk pendidikan dan Sembako. PPN adalah pajak yang dikenakan pada setiap transaksi jual beli barang atau jasa. Ini artinya pendidikan sudah dikatagorikan […]

  • Selasa, 25 Mei 2021
    Berakhlak di Dalam Dunia Virtual

    MASYARAKAT Indonesia saat ini memang terlihat sangat mudah digirng untuk mempercayai sebuah pendapat atau opini yang ada di dalam media sosial. Hal ini disebabkan karena memang sosialisasi sesama manusia saat ini  justru banyak dilakukan melalui dunia virtual, yang menurut Irianingsih, Sudardi, & Rais, di dalam jurnal mereka yang berjudul  ‘Pengaruh Era Media Baru Dan Terjadinya Chaos Identitas’ sifat sosialnya justru lebih banyak kepalsuannya, dibandingkan keasliannya.

  • Minggu, 16 Mei 2021
    Keutamaan Menolong Sesama Muslim

    SATU di antara keutamaan ajaran Islam tentang soal kemasyarakatan ialah ajarannya yang bersifat sosialistis di samping memikirkan dan mengurus kepentingan diri sendiri, seorang Muslim haruslah juga memikirkan keadaan saudara-saudara muslim lainnya, memberikan kelapangan kepada orang yang sedang mengalami kesempitan, kesusahan; tegasnya memberikan uluran tangan dan pertolongan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman, “Dan tolong-tolonglah kamu […]

  • Selasa, 20 April 2021
    Mentadabburi Ilmu Di Dalam Islam

    ISLAM bukanlah sekedar agama yang hanya sebagai panduan dalam  melakukan ritualitas spiritual saja. Islam adalah cara hidup. The way of life. Artinya Islam adalah juga sebuah agama yang berisi panduan untuk menjalankan kehidupan dari semua sisi dan sendinya, tanpa terkecuali.  Islam bukanlah agama buatan manusia, bukan agama rekaan, bukan agama yang lahir dari ambisi kekuasaan, apalagi lahir dari sebuah konspirasi,  dan bukan pula agama yang lahir dari hasil semedi atau bertapanya seseorang.

  • Selasa, 13 April 2021
    Pandangan dan Tantangan Pendidikan Indonesia

    Oleh: Dr. KH. Masyhuril Khamis & H. J. Faisal

    MEMIKIRKAN pendikan di Indonesia memang belum ada habisnya. Kompleksitas masalah yang ada di dalam dunia pendidikan nasional memang sangat menguras pikiran dan tenaga anak-anak bangsa yang memang sangat concern  untuk memperbaiki kondisi pendidikan nasional ini dari waktu ke waktu.

  • Minggu, 14 Maret 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah Periode 2021-2026 (Bag. 4)

    Oleh: Abdul Mun’im

    Bagian Keempat

    MUKTAMAR Al Washliyah ke XXII sudah semakin dekat, waspadai serangan fajar dan penipuan suara. Ini bukan mengada-ada, tapi sekedar pemikiran tentang antisipasi untuk mencegah terjadinya sesuatu di luar dugaan kemungkinan bisa saja terjadi.

  • Minggu, 14 Maret 2021
    Muktamar XXII Al Washliyah: Saatnya Yang Muda Berkiprah

    SEBENTAR lagi Al Washliyah akan muktamar, menentukan langkah ke depan, strategi apa yang akan digunakan dalam berdakwah, dengan merangkul semua pihak, sesuai dengan nama Al Washliyah; menghubungkan, merangkul, membuat tim kerja dakwah, membangun kekuatan, dalam menggapai tujuan bersama, mencari redha Allah Swt.

  • Rabu, 10 Februari 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah 2021-2026 (Bag. 3)

    Type Pemimpin yang mana yang mau kita pilih?.

    Sekurang-kurangnya ada empat type pemimpin masa kini, yang mana model yang mau dipilih sebagai pemimpin Al Washliyah menuju usianya satu abad, hal ini sangat tergantung kepada watak dan kepribadian dari para warganya yang punya hak suara yang akan hadir ikut memilih.

  • Rabu, 27 Januari 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah 2021-2026 (Bag. 2)

    BANYAK cara memilih pemimpin yang berkembang saat ini, kita Al Washliyah dalam Muktamar Al Washliyah ke XXII tahun 2021 ini mau memilih cara yang bagaimana, apakah tetap mempertahankan cara yang Islami, atau ingin dengan cara lain, atau dengan menghalalkan segala cara untuk memenangkannya.

  • Jumat, 8 Januari 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah 2021-2026

    Bagian Pertama

    Oleh: Abdul Mun’im

    SIAPA pemimpin Al Washliyah yang baru? Meski waktu Muktamar sudah dekat tapi belum ada tanda-tanda kuat siapa bakal jadi calon pemimpin Al Washliyah yang resmi yang sudah mencalonkan diri untuk periode 2021-2025.

  • Selasa, 5 Januari 2021
    Diplomat Ustadz atau Ustadz yang Diplomat

    Oleh: H. Abdul Mun’im SEBUTAN ustadz kepada seseorang adalah suatu panggilan penghormatan, karena itu pengakuan orang lain, bukan karena dirinya sendiri yang mendeklarasikannya. Seperti kita ketahui kata ustad itu berasal dari bahasa Arab artinya guru, tapi di kalangan tertentu termasuk di Indonesia, sebutan Ustad itu maknanya lebih dari guru, sudah menjadi ungkapan penghormatan, tanda respek […]

Populer

×