25.5 C
Jakarta
Sabtu 3 Desember, 2022
spot_img

Buku Sang Ulama Pemimpin: Biografi Abdurrahman Sjihab

JAKARTA – Kembali biografi para pendiri organisasi Islam Al Washliyah dibukukan. Kali ini pengurus Lembaga Kajian Strategi Al Washliyah pusat menerbitkan buku tentang Abdurrahman Syihab.

Buku yang membahas tentang Ketua Al Washliyah yang cukup lama memimpin organisasi, telah resmi dilaunching Ketua Umum PB Al Washliyah Dr. KH. Masyhuril Khamis, MM pada Malam Tasyakur HUT Ke 91 Al Washliyah pada 29 November 2021 di kantor organisasi berlambang bulan sabit bintang lima tersebut.

Sampai saat ini belum ada buku yang mengulas biografi H. Abdurrahman Sjihab, seorang ulama dan pemimpin kaum Muslim dari Sumatera Timur sejak era penjajahan sampai era kemerdekaan.

Lewat buku ini, penulisnya relatif berhasil mengenalkan kembali sosok H. Abdurrahman Sjihab yang merupakan salah satu pendiri organisasi Al Jam’iyatul Washliyah yang kemudian memimpin organisasi Islam ini sampai akhir hayatnya.

Melalui Al Washliyah, Abdurrahman Sjihab mendedikasikan hidup dan ilmunya untuk memajukan kaum Muslim terutama melalui bidang pendidikan, dakwah dan amal sosial. Dalam bidang politik, ulama ini berafiliasi dengan Partai M.I.T. dan kemudian Partai Masjumi, bahkan ia pernah diamanahkan sebagai Ketua Madjlis Sjuro Partai Masjumi tingkat nasional.

Melalui Partai Masjumi, ia kemudian menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anggota legislatif di tingkat Sumatera Timur dan Sumatera Utara, bahkan menjadi anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Jasa-jasanya untuk agama dan negara sudah tidak diragukan, dan sematan sebagai pahlawan nasional sangat pantas diberikan kepadanya. Buku sangat pantas berada di tangan para pengurus dan warga Al Washliyah. Selamat membaca! 

(rilis/mrl)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
1,230PengikutMengikuti
206PengikutMengikuti
100PelangganBerlangganan

Latest Articles