34.4 C
Jakarta
Minggu 1 Oktober, 2023

Olimpiade MIPA dan Lomba Mewarnai HUT Al Washliyah Meriah

CIREBON – Sebanyak 200 siswa MI/SD mengikuti Olimpiade MIPA dan 400 anak TK/RA mengikuti lomba mewarnai pada Selasa (15/12). Hari itu SMP Al Washliyah Kemanten Sumber dipadati massa yang terdiri dari peserta, orang tua, siswa SMP, SMK, dan MTs Al Washliyah, guru serta Panitia HUT ke-85 Al Jam’iyatul Washliyah.

Tepat pukul 07.30 registrasi peserta sudah dimulai. Sambil menunggu peserta datang, musik islami dari Tim Hadroh, Drum Band siswa SMP dan Drum Band Cilik RA Al Washliyah mengiringi kedatangan peserta lomba. Pukul 08.15 MC Ustad Sidik, S.Pd.I membuka acara, secara resmi kegiatan ini dibuka Ketua PD Al Washliyah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat H. Ahmad Aidin Tamim, S.Pd.I.

Aidin mengatakan bahwa dengan kegiatan Olimpiade MIPA, diharapkan bisa menjadi sarana kompetisi dan untuk mengetahui kemampuan anak dan bidang Matematika dan IPA (sains). “Sebagaimana kita ketahui bahwa ilmu seperti matematika dan sains berawal dari para ilmuwan Islam pada abad-abad sebelumnya telah meletakkan dasar dan mengembangkan ilmu tersebut, sebutlah Ibnu Sina dalam bidang kedokteran dan biologi, Al Khawarizmi dalam bidang matematika penemu angka arab 1-10, Al Farabi bidang sains dan masih banyak ilmuwan Islam lain yang telah memberikan kontribusi besar pada bidang ilmu pengetahuan,” katanya.

Panitia Lomba
Panitia Lomba

Lebih lanjut menurut Aidin, para ilmuwan Islam itu telah banyak menorehkan karya emas yang luar biasa tetapi seolah-olah terlupakan oleh zaman. “Nah, dalam momentum ini kita ingin mengangkat kembali dan memberikan edukasi bahwa sebenarnya ilmu matematika ataupun sains bahkan keilmuan lain memang berasal dari Islam,” tambahnya. Dengan di adakannya lomba mewarnai kita ingin mengasah kreatifitas anak dalam menggambar, kelak mereka mejadi generasi yang kreatif.

Untuk Olimpiade MIPA, siswa terbagi ke dalam kelas yang berisi 20 siswa, mereka mengerjakan di ruangan lantai 2 di gedung SMP dan SMK Al Washliyah. Sementara di lantai 1 tepatnya di lapangan terbuka disediakan tenda. di tempat ini siswa TK dan RA mulai memoles kertas dengan crayon masing-masing. Para orang tua dan guru juga turut mengawasi dari kejauhan. Untuk lomba mewarnai siswa terbagi kedalam dua kelompok, kelompok A usia 4-5 tahun kurang, dan Kelompok B usia 5 tahun keatas sampai 6 tahun.

Pukul 10.15 Olimpiade dan Mewarnai selesai. Maka sambil dewan juri menilai dan mengoreksi soal, maka diadakan pementasan dan Door Prize. Pementasan dari beberapa sekolah di Al Washliyah Cirebon, diantaranya Drum Band SMP Al Washliyah, Pencak Silat Sabhura SMP dan SMK Al Washliyah, Kesenian Sintren dari MTs Al Washliyah, Pementasan tari dari MI Al Washliyah dan anak RA Al Washliyah. Sebanyak 30 Door Prize diberikan kepada peserta sesuai dengan nomor peserta . Terlihat wajah ceria ketika nomernya disebut dan anak-anak menukar nomor untuk mendapatkan hadiah.

Sekitar pukul 11.30 hasil pengumuman dibacakan Panitia, dimulai dari Lomba Mewarnai. Piala dan Hadiah diserahkan langsung Sekretaris PD Al Washliyah Cirebon Drs. H. Mulyani, yang didampingi Ustad Zaenal Abidin, S.Pd sebagai Kepala SMP Al Washliyah selaku tuan rumah, serta Ketua Panitia Sarta Alwadhi, beserta Panitia lainnya. Berikut daftar pemenang Olipiade dan Lomba mewarnai.

Kelompok A :

Juara 1 : Eva Nesa Enjelika dari RA As-Sholah Sumber mendapat Uang Pembinaan Rp. 300.000 + Piala + Piagam
Juara 2 : R Livina Agniatul Lail dari TK-Al Kamal mendapat Uang Pembinaan Rp. 200.000 + Piala + Piagam
Juara 3 : Aisyah Ramadhani dari RA Tihamah mendapat Uang Pembinaan Rp. 150.000 + Piala + Piagam

Juara Harapan 1 : Salsabil Nailul Muna dari RA Al Washliyah Sumber mendapat Piagam Penghargaan
Juara Harapan 2 : Siti Naftali dari TK Al Washliyah Cirebon girang mendapat Piagam Penghargaan
Juara Harapan 3 : Acha Huriah dari RA Al Washliyah Sumber mendapat Piagam Penghargaan

Pembagian hadiah pemenang lomba.
Pembagian hadiah pemenang lomba.

Kelompok B :

Juara 1 : Alysa Dwi Putri dari RA As-Sholah Sumber mendapat Uang Pembinaan Rp. 300.000 + Piala + Piagam
Juara 2 : Noviani A dari RA Ainun Jariah Sumber mendapat Uang Pembinaan Rp. 200.000 + Piala + Piagam
Juara 3 : Kirania Meidita dari TK Maslicha Talun mendapat Uang Pembinaan Rp. 150.000 + Piala + Piagam

Juara Harapan 1 : Aura Nur Hafidzah dari RA Tihamah Sumber mendapat Piagam Penghargaan
Juara Harapan 2 : Sarah Amelia dari RA Miftahul Huda Talun mendapat Piagam Penghargaan
Juara Harapan 3 : Hansa Syifana H dari TK Al Kamal Talun mendapat Piagam Penghargaan

Olimpiade MIPA

Juara 1 : Syalaisa Maliota S dari SD Islam Sains Al Farabi Sumber mendapat Uang Pembinaan Rp. 1.000.000 + Piala + Piagam
Juara 2 : Lulu Suroya dari SDN 2 Wanasaba Kidul Talun mendapat Uang Pembinaan Rp. 500.000 + Piala + Piagam
Juara 3 : Indah Ayu Nurani dari SDN 2 Kepongpongan Talun mendapat Uang Pembinaan Rp. 300.000 + Piala + Piagam

Semoga dengan kegiatan tersebut Syiar Al Washliyah khususnya di Kabupaten Cirebon terlebih di Provinsi Jawa Barat terus menggema. Jayalah Islam, Jayalah ganerasi Islam yang Rabbani dan ahli Matematika dan Sains, dan Al Washliyah sebagai Wadahnya, Jayalah Al Washliyah zaman Berzaman.

(rilis/mrl)

About Author

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
1,230PengikutMengikuti
206PengikutMengikuti
100PelangganBerlangganan

Latest Articles