27.4 C
Jakarta
Minggu 24 September, 2023

Usai Pemilu, Rakyat Kembali Ditinggalkan

JAKARTA – Pemilihan umum legislatif sudah usai. Kini tengah memasuki tahapan rekapitulasi suara di KPU provinsi dan KPU Pusat. Tinggal dua hari lagi batas waktu rekapitulasi nasional sesuai dengan yang dijadwalkan. Namun masalah masih saja ditemui pada penyelenggaraan Pemilu kali ini. Bahkan masih banyak KPU Provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara di daerahnya. Nampaknya rekapitulasi yang rencananya selesai 9 Mei akan mundur entah sampai kapan.

Sementara penyelenggara pemilu sibuk menyelesaikan penghitungan suara, elit politik pun sibuk melakukan penjajakan terhadap calon presiden. Berbekal hasil hitung cepat yang dikeluarkan berbagai lembaga survey, pimpinan partai politik melakukan silaturahmi dengan pimpinan parpol lainnya.

Sambang menyambangi diantara pimpinan parpol menjadi tontonan publik setiap hari. Para elit politik ini membangun komunikasi dan koalisi dengan bermodal suara rakyat pada pemilu 9 April lalu. Rakyat telah memberikan suaranya pada Pemilu. Setelah memberikan suaranya maka kini rakyat ditinggal kembali.

“Seperti biasa, usai Pemilu maka rakyat akan terlupakan. Nanti dibutuhkan lagi pada Pilpres atau Pemilu lima tahun mendatang. Ini sudah menjadi kebiasaan rutin yang terus berulang,” kata Sekretaris KNPI DKI Jakarta M. Razvi Lubis kepada kabarwashliyah.com pada Rabu (7/5) di Jakarta. Ditambahkannya, rakyat jangan banyak berharap diperhatikan oleh para elit yang sedang asyik melakukan lobi-lobi politik terkait pencapresan.

Menurutnya, suara rakyat yang diberikan pada hari pencoblosan sebulan lalu telah menjelma menjadi kekuatan bagi elit politik. Dengan persentase suara yang telah dimiliki, partai politik bergerak kencang mencari kawan untuk merebut pimpinan negara. Sementara rakyat kembali hanya menonton permainan yang tengah dilakoni politisi. Rakyat kembali akan dibutuhkan suaranya pada Juli tahun ini di pemilihan presiden. Usai Pilpres pun kembali rakyat akan ditinggalkan oleh yang dipilihnya.

(mrl)

About Author

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
1,230PengikutMengikuti
206PengikutMengikuti
100PelangganBerlangganan

Latest Articles