35.8 C
Jakarta
Selasa 26 September, 2023

KPU Akan Sosialisasikan Aturan Alat Peraga Kampanye Caleg

 JAKARTA – Minggu ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan akan sosialisasi mengenai aturan alat peraga kampanye calon anggota legislatif (caleg) kepada partai politik (parpol) jika aturan tersebut telah selesai diproses untuk diundangkan dari Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).Terkait itu, KPU akan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) mengenai aturan tersebut. “Iya, agenda kita sosialisasi dengan parpol, koordinasi dengan pemda, koordinasi dengan KPU di daerah,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Selasa (3/9/2013).Adanya aturan KPU masih menjadi pro dan kontra bagi para caleg. Sebab, bagi caleg yang punya duit aturan itu memberatkan, sedangkan caleg yang keuangannya tidak besar aturan itu didukung.

“KPU harus tegas dalam menjaga aturan alat peraga kampanye. Sebab, banyak caleg yang punya uang membikin baliho dan spanduk besar-besar,” kata caleg dari PAN Noviantika Nasution.

Soal adanya protes sejumlah kalangan mengenai rencana KPU ditanggapin dingin oleh penyelenggara Pemilu itu. Sebaliknya, KPU mempertanyakan protes sejumlah kalangan terhadap kebijakan tersebut. “Hal yang menjadi persoalan itu apakah penzonaan atau mengenai ketertiban, dalam memasang alat peraga kampanye?,” tanya Ketua KPU Husnin Kamil Manik, saat ditemui wartawan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Senin (2/9/2013).

“Memang tahu berapa zona? Jangan-jangan zonanya banyak! Bisa saja nanti pemda membuat zona, satu RT satu zona. Mampu tidak caleg membuat spanduk,” sambungnya.

Husni menjelaskan, KPU sangat menginginkan pemasangan alat peraga calon anggota legislatif ditata dengan baik. “Kami menginginkan pemasangan alat peraga bisa tertata,” katanya.

Pengaturan zona penempatan spanduk caleg untuk memudahkan masyarakat mengenali calon wakil rakyat. Menurutnya jika penempatan spanduk diatur, maka rakyat lebih mudah untuk melihat.

“Memudahkan pemilih untuk melihat, mempelajari dan mengenal caleg. Kalau ditempatkan pada kawasan tertentu, pemilh lebih mudah melihatnya,” katanya. (gardo)

About Author

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
1,230PengikutMengikuti
206PengikutMengikuti
100PelangganBerlangganan

Latest Articles