Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Opini

  • Selasa, 20 April 2021
    Mentadabburi Ilmu Di Dalam Islam

    ISLAM bukanlah sekedar agama yang hanya sebagai panduan dalam  melakukan ritualitas spiritual saja. Islam adalah cara hidup. The way of life. Artinya Islam adalah juga sebuah agama yang berisi panduan untuk menjalankan kehidupan dari semua sisi dan sendinya, tanpa terkecuali.  Islam bukanlah agama buatan manusia, bukan agama rekaan, bukan agama yang lahir dari ambisi kekuasaan, apalagi lahir dari sebuah konspirasi,  dan bukan pula agama yang lahir dari hasil semedi atau bertapanya seseorang.

  • Selasa, 13 April 2021
    Pandangan dan Tantangan Pendidikan Indonesia

    Oleh: Dr. KH. Masyhuril Khamis & H. J. Faisal

    MEMIKIRKAN pendikan di Indonesia memang belum ada habisnya. Kompleksitas masalah yang ada di dalam dunia pendidikan nasional memang sangat menguras pikiran dan tenaga anak-anak bangsa yang memang sangat concern  untuk memperbaiki kondisi pendidikan nasional ini dari waktu ke waktu.

  • Minggu, 14 Maret 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah Periode 2021-2026 (Bag. 4)

    Oleh: Abdul Mun’im

    Bagian Keempat

    MUKTAMAR Al Washliyah ke XXII sudah semakin dekat, waspadai serangan fajar dan penipuan suara. Ini bukan mengada-ada, tapi sekedar pemikiran tentang antisipasi untuk mencegah terjadinya sesuatu di luar dugaan kemungkinan bisa saja terjadi.

  • Minggu, 14 Maret 2021
    Muktamar XXII Al Washliyah: Saatnya Yang Muda Berkiprah

    SEBENTAR lagi Al Washliyah akan muktamar, menentukan langkah ke depan, strategi apa yang akan digunakan dalam berdakwah, dengan merangkul semua pihak, sesuai dengan nama Al Washliyah; menghubungkan, merangkul, membuat tim kerja dakwah, membangun kekuatan, dalam menggapai tujuan bersama, mencari redha Allah Swt.

  • Rabu, 10 Februari 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah 2021-2026 (Bag. 3)

    Type Pemimpin yang mana yang mau kita pilih?.

    Sekurang-kurangnya ada empat type pemimpin masa kini, yang mana model yang mau dipilih sebagai pemimpin Al Washliyah menuju usianya satu abad, hal ini sangat tergantung kepada watak dan kepribadian dari para warganya yang punya hak suara yang akan hadir ikut memilih.

  • Rabu, 27 Januari 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah 2021-2026 (Bag. 2)

    BANYAK cara memilih pemimpin yang berkembang saat ini, kita Al Washliyah dalam Muktamar Al Washliyah ke XXII tahun 2021 ini mau memilih cara yang bagaimana, apakah tetap mempertahankan cara yang Islami, atau ingin dengan cara lain, atau dengan menghalalkan segala cara untuk memenangkannya.

  • Jumat, 8 Januari 2021
    Inilah Pemimpin Baru Al Washliyah 2021-2026

    Bagian Pertama

    Oleh: Abdul Mun’im

    SIAPA pemimpin Al Washliyah yang baru? Meski waktu Muktamar sudah dekat tapi belum ada tanda-tanda kuat siapa bakal jadi calon pemimpin Al Washliyah yang resmi yang sudah mencalonkan diri untuk periode 2021-2025.

  • Selasa, 5 Januari 2021
    Diplomat Ustadz atau Ustadz yang Diplomat

    Oleh: H. Abdul Mun’im SEBUTAN ustadz kepada seseorang adalah suatu panggilan penghormatan, karena itu pengakuan orang lain, bukan karena dirinya sendiri yang mendeklarasikannya. Seperti kita ketahui kata ustad itu berasal dari bahasa Arab artinya guru, tapi di kalangan tertentu termasuk di Indonesia, sebutan Ustad itu maknanya lebih dari guru, sudah menjadi ungkapan penghormatan, tanda respek […]

  • Senin, 4 Januari 2021
    Sosok “Ulama Panutan”, Sulit Mencarinya  

    MENGUTIP pendapat guru penulis, alm. Buyah Ramli Abdul Wahid Allah Yarham tentang ulama, dia menjelaskan bahwa, “ulama adalah orang yang menjadi tempat bertanya tentang masalah-masalah Agama Islam, dan jawabannya dipercaya dan dipepegangi karena percaya pada ilmu dan ke istiqamahannya. Tidak setiap ustaz, dai, penceramah, habib, kiyai, intelektual, sarjana, otomatis menjadi ulama. Lebih ekstrim lagi, bukan setiap ulama dapat dipercaya, karena orang ‘alim yang meguasai ilmu agama pun ada yang tidak istiqamah pendiriannya”.  

  • Kamis, 10 September 2020
    Aturan Buka Cadar Dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an

    TULISAN ini dimaksudkan untuk merespon kasus yang terjadi pada MTQ Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Tebing Tinggi pada September 2020. Seorang peserta musabaqah yang memilih untuk didiskualifikasi daripada harus tampil dengan membuka cadarnya menjadi perhatian publik dan viral di berbagai media. Komentarpun banyak bermunculan dari masyarakat dan netizen mulai dari arah interpretasi positif, sampai pada tanggapan dengan nuansa negatif, bahkan sekalipun tidak mengetahui duduk persoalan dan informasinya secara utuh.

  • Senin, 10 Agustus 2020
    Spesial Kemerdekaan: Perkembangan Islam di Barat

    ISLAM akan berbenturan dengan Barat, bukan disebabkan faktor ideologis atau ekonomi, tapi disebut oleh Samuel P. Huntington karena faktor benturan peradaban (the clash of civilization). Pada masa depan, identitas peradaban itu begitu penting untuk menguatkan siapa yang akan memenangkan peradaban. Namun, tesis ini tak semuanya benar. Karena, Islam sesungguhnya bukanlah representasi dari Timur, atau pun Arab. Islam adalah agama rahmat bagi alam semesta, yang artinya Islam bisa diterima dimana pun, sebab ia bersifat universal tanpa membedakan warna kulit atau suku bangsa mana pun.

  • Minggu, 14 Juni 2020
    Menjaring Calon Pemimpin Al Washliyah Baru 2020-2030

    KEPADA Keluarga Besar Al Jam’iyatul Washliyah. Izinkan saya sebagai salah satu anggota keluarga Al Washliyah mengajak kita semua mulai membuka diskusi serius dan terbuka tentang masa depan Al Washliyah.

Populer

×