Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Opini

  • Kamis, 10 September 2020
    Aturan Buka Cadar Dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an

    TULISAN ini dimaksudkan untuk merespon kasus yang terjadi pada MTQ Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Tebing Tinggi pada September 2020. Seorang peserta musabaqah yang memilih untuk didiskualifikasi daripada harus tampil dengan membuka cadarnya menjadi perhatian publik dan viral di berbagai media. Komentarpun banyak bermunculan dari masyarakat dan netizen mulai dari arah interpretasi positif, sampai pada tanggapan dengan nuansa negatif, bahkan sekalipun tidak mengetahui duduk persoalan dan informasinya secara utuh.

  • Senin, 10 Agustus 2020
    Spesial Kemerdekaan: Perkembangan Islam di Barat

    ISLAM akan berbenturan dengan Barat, bukan disebabkan faktor ideologis atau ekonomi, tapi disebut oleh Samuel P. Huntington karena faktor benturan peradaban (the clash of civilization). Pada masa depan, identitas peradaban itu begitu penting untuk menguatkan siapa yang akan memenangkan peradaban. Namun, tesis ini tak semuanya benar. Karena, Islam sesungguhnya bukanlah representasi dari Timur, atau pun Arab. Islam adalah agama rahmat bagi alam semesta, yang artinya Islam bisa diterima dimana pun, sebab ia bersifat universal tanpa membedakan warna kulit atau suku bangsa mana pun.

  • Minggu, 14 Juni 2020
    Menjaring Calon Pemimpin Al Washliyah Baru 2020-2030

    KEPADA Keluarga Besar Al Jam’iyatul Washliyah. Izinkan saya sebagai salah satu anggota keluarga Al Washliyah mengajak kita semua mulai membuka diskusi serius dan terbuka tentang masa depan Al Washliyah.

  • Minggu, 26 April 2020
    Ramadhan dan Covid-19

    AYOK kita merenung sejenak sebelum Ramadhan meninggalkan kita, dan dengan apa yang kita hadapi hari ini. Kalau memang kebersihan bisa mencegah Corona, mungkin Italia tidak sampai 135.000 orang yang terpapar karena Italia termasuk negara terbersih di Eropa.

  • Senin, 24 Februari 2020
    Menyongsong Muktamar Al Washliyah Ke XXII Tahun 2020 (Bag. 5)

    KALAU suatu kepemimpinan organisasi punya orientasi kepada program (Program Oriented). Maka perhatian terhadap apa yang mau dikerjakan di dalam suatu periode ke depan akan mendapat perhatian serius dan perlu dirancang dengan baik. Program yang bisa dilaksanakan sesuai dengan kemampuan, diukur dari level organisasi, sesuai dengan visi dan misi organisasi.

  • Minggu, 2 Februari 2020
    Menyongsong Muktamar Al Washliyah Ke XXII Tahun 2020 (Bag. 4)

    Oleh: Abdul Mun’im Ritonga Siapa Pemimpin yang Kita Cari? SEORANG pemimpin Al Washliyah diharapkan mampu melihat Al Washliyah masa lalu agar tidak melupakan sejarah, dengan demikian dapat mempertahankan nilai-nilai budaya dan akhlak yang baik yang sudah dibangun dan diharmonisasikan dengan zaman kini dan mendatang. Pemimpin yang dapat mempertahankan nilai-nilai yang baik sebagai ciri Al Washliyah […]

  • Kamis, 23 Januari 2020
    Menyongsong Muktamar Al Washliyah Ke XXII Tahun 2020 (Bag 3)

    TULISAN ini dibuat untuk mengingatkan segenap warga Al Washliyah agar ikut serta berkontribusi menyaring dan menyiapkan calon Pemimpin terbaik di antara warga Al Washliyah untuk lima tahun ke depan. Waktunya sudah dekat. Harapannya agar dapat dicegah hal-hal negatif dalam pemilihan ketua Umum PB Al Washliyah untuk periode tahun 2020 sampai 2025.

  • Rabu, 15 Januari 2020
    Menyongsong Muktamar Al Washliyah Ke XXII Tahun 2020 (Bag. 2)

    BESAR kecilnya acara Muktamar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti; sebesar apa wawasan dan kapasitas panita dalam membuat rancangan, sehebat apa panitia bisa menyiapkan konsep-konsep berupa substansi dan non substansi, sekuat apa panitia mampu melaksanakannya, sebanyak apa dana yang bisa dikumpulkan, sebesar apa dukungan dan kesiapan peserta yang hadir, dan sebesar apa bisa mengerahkan peserta dan undangan, dan lainnya.

  • Rabu, 8 Januari 2020
    Menyongsong Muktamar Al Washliyah Ke XXII Tahun 2020

    MUKTAMAR Al Jam’iyatul Washliyah ke XXII/2020 sudah dekat. Tulisan ini bagian pertama dari beberapa tulisan berikut yang akan ditampilkan dalam rangka menyambut kegiatan perhelatan besar organisasi yang berdiri sejak tahun 1930 yaitu; Muktamar Al Jam’iyatul Washliyah ke XXII tahun 2020.

  • Kamis, 28 November 2019
    Kemana Al Washliyah Mau Kita Bawa? Bag V

    ALANGKAH bahagianya warga Al Washliyah yang hidup di penghujung perjalanan seabad Al Washliyah, mereka dapat melihat perbandingan suasana dan keadaan yang luar biasa pada saat bergiat di orgaisasi di awal berdiri organisasi dan di penghujung usia seabad.

  • Selasa, 19 November 2019
    Kemana Al Washliyah Mau Kita Bawa? Bag IV

    TULISAN keempat ini akan menguraikan tentang Periode Ketiga yaitu pindahnya Al Washliyah ke Ibukota Jakarta sampai mencapai usianya seabad tahun 1986 sampai 2030 (45 Tahun).

  • Rabu, 13 November 2019
    Kemana Al Washliyah Mau Kita Bawa? Bag. III

    SAYA mencoba membagi periode perjalanan Al Washliyah menjadi tiga periode mulai dari lahirnya tahun 1930 sampai mencapai usianya seabad tahun 2030. Periode pertama seperempat abad (1930-1955). Periode kedua setelah seperempat abad sampai pindahnya PB Al Washliyah ke Jakarta (1955-1986). Periode ketiga sejak PB Al Washliyah di Jakarta sampai usianya mencapai seabad (1986-2030).

×