Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Jumat, 5 Maret 2021

Sekjen PB Al Washliyah Tinjau Lokasi di Sibolangit Yang Akan Dibangun Masjid

Muralis Dunia islam

Pembangunan Masjid di Sibolangit

DELISERDANG – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah Dr. KH. Masyhuril Khamis meninjau lokasi yang akan dibangunan sebuah masjid di Deli Serdang. Warga di daerah tersebut sangat mengharapkan berdirinya sebuah masjid yang dapat menampung jamaah muslim di daerah tersebut.

Lokasi yang didatangi Sekjen Al Washliyah itu berada di daerah Sibolangit, Deli Serdang Sumatera Utara. Pengurus Al Washliyah pusat ini bermaksud membangun masjid di daerah yang belum ada masjid. Hal ini untuk memberikan kemudahan kepada umat Islam di daerah tersebut untuk menjalankah ibadah.

Saat berkunjung ke Sibolangit itu, KH. Masyhuril Khamis yang didampingi Ketua PW Al Washliyah Sumut Dr. H. Dedi Iskandar Batubara itu bertemu dengan warga sekitar. Dalam pertemuan, jamaah meminta agar Musholla Al Ikhlas yang sudah ada sejak 2007 diluaskan untuk menjadi masjid. Selama ini warga sangat kesulitan ketika ingin melaksanakan sholat Jum’at dan kegiatan lainnya. Letak masjid yang ada di wilayah itu sangat jauh jaraknya.

Pembangunan Masjid di Sibolangit
Foto: Sekjen PB Al Washliyah KH. Masyhuril Khamis bersama rombongan saat bertemu dengan jamaah Musholla Al Ikhlas di teras mushollah.

Dari penuturan warga, jumlah kaum muslim di Sibolangit memang minoritas. Dari satu kecamatan, jumlah penduduk yang beragama Islam sekitar 100 Kepala Keluarga. “Ada 100 KK warga yang Muslim di Kecamatan Sibolangit ini, kami itu minoritas,” kata Fahmi Ashari Ketua Perwiridan di Desa Bandar Baru.

Sementara letak Musholla yang akan dijadikan masjid itu berada di Desa Bandar Baru Dusun 1, Sibolangit. Di Desa Bandar Baru tersebut jumlah kaum muslimin mayoritas. Sementara di desa sekitarnya jumlah sangat sedikit. “Dari 7 desa di sekitar ini, kaum muslimnya minoritas yaitu cuma 30 KK yang Islam,” jelasnya.

Di hadapan warga dan pengurus Mushollah Al Ikhlas, KH. Masyhuril Khamis mengatakan bila nanti telah terjadi kesepahaman maka pembangunan bisa segera dilaksanakan. Bahkan diharapkan ketika bulan Ramadhan sudah bisa dipergunakan. “Saya berharap sebelum Ramadhan bisa berjalan pembangunannya dan ketika bulan Ramadhan sudah bisa dimanfaatkan,” katanya pada Rabu 03 Maret 2021 sore di hadapan jamaah.

KH. Masyhuril Khamis hadir tidak hanya didampingin Ketua Al Washliyah Sumut, hadir dalam rombongan yaitu Ketua Majelis Pendidikan PB Al Washliyah Dr. H. Amran Arifin, Wakil Sekretaris MP PB AW M. Razvi Lubis dan Rektor Univa Medan Dr. H.M Jamil beserta civitas akademika Univa. Rencananya di daerah tersebut akan dijadikan sebagai binaan Univa Medan.

(mrl)


Populer

×