Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 15 Februari 2021

Al Washliyah Nilai Tidak Ada Indikator Yang Menunjukan Din Syamsuddin Radikal


20210215_151120

JAKARTA – Tuduhan terhadap Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin sebagai tokoh radikal dinilai tidak beralasan. Hingga kini tidak ada indikator yang menunjukan bahwa tokoh umat Islam Indonesia tersebut radikal. Demikian disampaikan Ketum PB Al Washliyah Dr. KH. Yusnar Yusuf, MS pada Senin 15 Februari 2021 di Jakarta.

Tuduhan tersebut juga dinilai telah menyakiti hati umat Islam Indonesia. Tokoh Nasional seperti Prof. Din Syamsuddin menurut Al Washliyah merupakan sosok yang santun dan memiliki akhlakul karimah. Sehingga, tuduhan tersebut sungguh tidak bisa diterima umat Islam, apa lagi beliau pernah menjabat sebagai pimpinan organisasi ulama Indonesia.

“Tuduhan ini sungguh tidak bisa diterima umat Islam Indonesia karena Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin adalah tokoh bangsa yang pernah diamanahi sebagai Ketua Umum MUI Pusat dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat,” bunyi sikap PB Al Washliyah.

Tidak hanya dituduh sebagai tokoh radikal, Pak Din demikian dia sering disebut juga dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang dilakukan salah satu elemen masyarakat tentang tuduhan radikalisme tersebut.

Al Washliyah melalui pernyataan resminya meminta kepada pihak yang menuduh dan melapor itu untuk segera meminta maaf atas tuduhan tersebut. Menurut Ormas Islam yang turut mendirikan MUI ini, seharusnya sesama anak bangsa yang beragama, berbudaya dan beradab sebaiknya kita selalu mengedepankan sifat saling menghargai.

Berikut ini secara lengkap Pernyataan Sikap Al Washliyah terkait tuduhan radikal kepada Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin:

PENYATAAN SIKAP
PENGURUS BESAR AL WASHLIYAH

Sehubungan dengan tuduhan yang dialamatkan kepada Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin sebagai Tokoh Radikal dan beliau pun telah dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk ditindak, maka dengan ini Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Menyayangkan tuduhan yang dialamatkan kepada mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin sebagai Tokoh Radikal.
2. Tuduhan ini sungguh tidak bisa diterima umat Islam Indonesia karena Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin adalah tokoh bangsa yang pernah diamanahi sebagai Ketua Umum MUI Pusat dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat.
2. Organisasi Islam Al Washliyah yang sejak lama bergaul dengan Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin menilai bahwa beliau merupakan sosok yang santun dan memiliki akhlakul karimah sehingga jauh dari kesan radikalisme.
3. Dari pengamatan Al Washliyah sampai saat ini belum menemukan indikator yang menunjukkan Prof. Dr. KH. Din Syamsudin adalah Tokoh Radikal.
4. Kepada pihak yang telah menuduh Prof. Dr. KH. Din Syamsudin adalah Tokoh Radikal untuk segera melakukan permintaan maaf secara terbuka.
5. Seharusnya sesama anak bangsa yang beragama, berbudaya dan beradab sebaiknya kita selalu mengedepankan sifat saling menghargai bukan sebaliknya.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan, semoga Allah SWT memberikan pertolongan dan petunjuk kepada kita semua.

Nashrun Minallahi wa Fathun Qariib
Wabasysyiril Mukminin

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Jakarta, 15 Februari 2021

PENGURUS BESAR
AL JAM’IYATUL WASHLIYAH

Ketua Umum
Dr. H. Yusnar Yusuf, MS

Sekretaris Jenderal
Dr. H. Masyhuril Khamis, SH, MM

(mrl)


Populer

×