Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 16 Maret 2020

Himbauan PB Al Washliyah Terkait COVID-19


_20200317_181031

JAKARTA – Pengurus Besar Al Washliyah mengeluarkan delapan himbauan terkait virus Corona yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia. Dalam himbauannya tersebut Al Washliyah meminta Pemerintah Republik Indonesia untuk segera melakukan penutupan secara ketat keluar masuk orang dan barang dari dan ke seluruh wilayah Indonesia.

Pernyataan PB Al Washliyah ini ditandatangani Ketua Umum PB Al Washliyah Dr. KH. Yusnar Yusuf, MS dan Sekjen PB Al Washliyah KH. Masyhuril Khamis, SH, MM. Berikut secara lengkap bunyi himbauan Ormas Islam yang lahir pada 30 November 1930 ini.

HIMBAUAN
PENGURUS BESAR
AL JAM’IYATUL WASHLIYAH
TENTANG WABAH COVID–19 YANG MELANDA INDONESIA

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Wabah Covid-19 yang kini telah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia dan merenggut ribuan nyawa manusia hingga kini belum ditemukan cara untuk menanggulanginya. Sesuai dengan ajaran Islam, mencegah dan mengatasi wabah penyakit adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Menyikapi hal tersebut, Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Al Washliyah beberapa hal-hal sebagai berikut:

1. Kondisi pandemik yang melanda dunia merupakan peringatan dari Allah SWT (Tadzkirah Minallah) bagi setiap kaum Muslimin agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah (Taqarrub Ilallah) apa lagi kita saat ini berada di bulan Rajab yang mendekati bulan suci Ramadhan.
2. Terus meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah disertai dengan saling mendoakan dan memohon ampun dengan memperbanyak istigfar, melaksanakan Qunut Nazilah, membaca Al Quran serta memperbanyak sedekah, dzikir dan sholawat.
3. Kepada seluruh lembaga pendidikan milik Al Washliyah tetap menjaga kebersihan diri, keluarga, rumah, lingkungan, tempat ibadah agar terhindar dari Covid-19.
4. Kepada seluruh warga Al Washliyah untuk menghindari kegiatan di luar rumah dan menghindari tempat-tempat keramaian kecuali untuk kepentingan yang mendesak.
5. Kepada seluruh Pengurus Al Washliyah, Pengurus Organisasi Bagian untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak selama wabah Covid-19 masih menyebar hingga keadaan menjadi normal kembali.
6. Kepada seluruh pimpinan lembaga pendidikan, pengurus majelis taklim, ustadz dan da’i Al Washliyah untuk dapat menyesuaikan kegiatan dengan kondisi daerah masing-masing.
7. Mendorong Pemerintah Republik Indonesia untuk segera melakukan penutupan secara ketat keluar masuk orang dan barang dari dan ke seluruh wilayah Indonesia.
8. Kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Al Washliyah, untuk hidup hemat dan sederhana mengingat Covid-19 ini berpotensi menimbulkan kondisi ekonomi dalam ketidakpastian.

Demikian himbauan ini kami sampaikan semoga Allah SWT memberikan perlindungan kepada kita semua sehingga terhindar dari segala wabah penyakit termasuk Covid-19.

Nashrum Minallahi Wa Fathun Qarib, Wabasysyril Mu’minin.
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Jakarta, 16 Maret 2020
21 Rajab 1441 H

PENGURUS BESAR
AL JAM’IYATUL WASHLIYAH

Dr. H. Yusnar Yusuf, MS.
Ketua Umum
Drs. H. Masyhuril Khamis, SH, MM. Sekretaris Jenderal


Populer

×