Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Kamis, 27 Februari 2020

Wapres Ma’ruf Amin Membuka Kongres Umat Islam Indonesia di Babel

Muralis Dunia islam

KUII

BANGKA TENGAH – Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin membuka secara resmi Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Hotel Novotel, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu 26 Februari 2020 malam. 

Kongres Umat Islam ini berlangsung dari 26 – 29 Februari 2020 dengan tema “Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia Dalam Mewujudkan NKRI yang Maju, Adil dan Beradab”. Pembukaan acara dihadiri Menteri Kesehatan Terawan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Wamenag Zainut Tauhid serta Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, penyelenggaraan KUII yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini merupakan kewenangan MUI. “Kita bersyukur, MUI sebagai pemegang mandat untuk menyelenggarakan KUII ke-VII di Bangka Belitung. Karena MUI adalah representasi dari ormas-ormas Islam. Sejak KUII ke-V, MUI dimandatkan untuk menjadi penyelenggara KUII,” ungkap KH. Ma’ruf Amin. 

Menurut Ma’ruf, Umat Islam memiliki tanggungjawab yang lebih besar untuk memastikan arah bangsa ini sesuai kesepakatan nasional yang tertuang dalam Pancasila. Tidak boleh kita membangun negara yang tidak sesuai dengan NKRI. 

Harus dicarikan solusi, kata Ma’ruf, atas berbagai masalah yang menyangkut umat, bangsa, dan negara serta mampu menghasilkan pembangunan nasional serta mampu menghasilkan umat Islam terbaik (khairu ummah)
menyangkut lima  aspek, yakni ekonomi, hukum, politik, pendidikan dan kebudayaan, kehidupan bernegara serta membawa Islam rahmatan lil ‘alamin.

Sementara itu Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta KUII di Bangka Belitung. “Saya mewakili segenap masyarakat Bangka Belitung menyambut dengan senang hati dan penuh gembira, karena Provinsi Bangka Belitung hari ini melayani banyak sekali para ulama. Mudah-mudahan keberkahan Bangka Belitung melayani umat ini,” ucap gubernur. 

Dijelaskan gubernur meski umat Islam merupakan mayoritas di Babel tetapi kerukunan umat beragama terjalin dengan baik. “Penduduk Bangka Belitung  mayoritas agama Islam yaitu 89,41 persen beragama Islam. Namun keberagaman agama juga terdapat di Bangka Belitung. Sampai saat ini, masyarakat Bangka Belitung memiliki semangat yang tinggi dalam menjaga toleransi kehidupan beragama,” tegas Erzaldi.  

KUII VII tahun 2020 ini diikuti peserta dari perwakilan Ormas Islam tingkat pusat dan perwakilan MUI dari seluruh Indonesia. Selain itu turut juga di undang tokoh umat Islam, cendikiawan muslim serta pimpinan perguruan tinggi Islam di Indonesia.

(mrl)


Populer

×