Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Minggu, 15 Desember 2019

Puncak HUT Ke 89 Al Washliyah di Jateng Sukses, Ketua PB Al Washliyah Terharu


Dr. Halfian Lubis

MAGELANG – Acara puncak HUT ke-89 Al Jam’iyatul Washliyah yang dipusatkan di Kabupaten Magelang, Kecamatan Bandongan dinilai sukses. Ratusan warga Soropaten, Gandusari, Desa Soropaten menghadiri malam puncak HUT organisasi yang lahir di Medan Sumatera Utara tersebut.

Melihat begitu banyaknya masyarakat yang hadir dalam perayaan tersebut membuat Pengurus Besar Al Washliyah terharu. Hal ini disampaikan Ketua PB Al Washliyah Dr. H. Halfian Lubis, MA dalam acara HUT ke-89 Al Washliyah di halaman MTs. Al Washliyah Bandongan, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu, 14 Desember 2019.

“Berkat acara HUT Al Washliyah kita bisa bersilaturahmi disini. Saya terharu melihat suasana malam ini. Apa lagi melihat penampilan group kasidah yang menggunakan alat musik angklung,” katanya di hadapan ratusan jamaah yang memadati halaman MTs. Al Washliyah.

Dalam kesempatan itu Halfian Lubis yang memberikan sambutan mewakili Ketua Umum PB Al Washliyah sempat menceritakan awal berdirinya organisasi yang berlambang bulan sabit bintang lima tersebut. Menurutnya Al Washliyah lahir dibidani oleh para anak-anak muda yang resah terhadap perbedaan paham di tubuh umat Islam di tahun 1930.

HUT AW di Magelang
Foto: Ratusan jama’ah menghadiri puncak HUT ke 89 Al Washliyah yang diadakan di halaman MTs Al Washliyah di Desa Soropaten, Kelurahan Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang Jateng pada Sabtu 14 Desember 2019.

“Saat itu di Sumatera Utara ada dua perbedaan paham fiqih di dalam umat Islam yang disebut dengan paham kaum tua dengan paham kaum muda. Konflik keduanya sampai meresahkan hingga lahirlah Al Washliyah yang artinya menghubungkan. Yang menghubungkan kedua paham tersebut,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kehadiran Al Washliyah dengan membawa tiga amal ittifaq yaitu pendidikan, dakwah dan amal sosial. “Dalam peringatan HUT Al Washliyah disini telah dilaksanakan beberapa kegiatan. Tadi pagi hingga sore dilakukan pelatihan pendidikan Kealwashliyahan lalu magrib tadi dilaksanakan dakwah di masjid sekitar, itulah amal dari Al Washliyah,” terang Ketua PB Al Washliyah Halfian Lubis.

Perlu diketahui, di Bandongan Desa Soropaten ini Al Washliyah memiliki lembaga pendidikan Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, dan Madrasah Tsanawiyah. Hadir dalam acara HUT Al Washliyah malam itu Sekjen PB Al Washliyah KH. Masyhuri Khamis, Ketum PP Muslimat Al Washliyah Dr. Hj. Azizah, Ketum PP Angkatan Puteri Al Washliyah Maryam Sahar, Ketua PW Al Washliyah Banten, Ketua PW Al Washliyah Jawa Barat serta pengurus Al Washliyah lainnya.

(mrl)


Populer

×