Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Kamis, 27 September 2018

PK HIMMAH UIN Sumut Gelar Pelatihan Penulisan Ilmiah


_20180927_065951
Peserta Pelatihan Penulisan Ilmiah di kampus UIN Sumut foto bersama usai acara.

MEDAN – Pimpinan Komisariat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) sekawasan UIN Sumatera Utara menggelar Pelatihan Penulisan Makalah bagi Mahasiswa Baru pada Sabtu, 22 September 2018 di Aula Pasca Sarjana UIN Sumatera Utara. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa baru dari berbagai fakultas. Pada kesempatan yang sama juga hadir peserta dari Universitas Dharmawangsa dan UNIVA Medan.

Kegiatan ini adalah program rutin HIMMAH Se-UINSU di setiap awal tahun akademik. Hal ini diungkapkan oleh Hasan Munthe selaku Ketua Panitia dalam penyampaian laporan di awal acara. “Pelatihan Penulisan Makalah ini adalah program rutin kami setiap awal tahun di UIN,” katanya.

Dalam pelatihan kali ini, panitia menghadirkan Dr. Ja’far., MA sebagai narasumber dan didampingi Zulkifli Ritonga., SH sebagai moderator. Narasumber Dr. Ja’far., MA adalah penulis dan editor buku serta senior HIMMAH di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara. Kebanyakan karyanya adalah tentang Al Jam’iyatul Washliyah.

PC HIMMAH Kota Medan juga turut hadir dan membuka acara yang langsung dilakukan oleh Zuhri Arif Sihombing selaku Ketua. Di sela-sela kata sambutannya, Zuhri memberikan motivasi kepada mahasiswa baru yang menjadi peserta agar membudayakan diri sejak saat ini untuk membaca. Karena dengan membaca kita bisa memahami dan dari situlah awal kita mampu untuk menulis.

Kemudian Zuhri juga menambahkan bahwa mahasiswa itu harus sukses dalam perkuliahan dengan mengerjakan tugas-tugas dengan baik dan sempurna. Untuk ini maka sejak dini kita harus sudah terlatih dalam menulis, minimal menulis makalah sebagai dasar.

Sebagai penutup Zuhri menegaskan bahwa HIMMAH adalah organisasi mahasiswa yang fokus pada kaderisasi. “Meski tidak menutup ruang untuk ke arah yang lain tetapi HIMMAH tetaplah pada ghirohnya yaitu kader. Dengan kader HIMMAH besar, dengan kader HIMMAH ada,” tutupnya.

(rilis/mrl)


Populer

×