Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 30 Oktober 2017

Menyambut HUT Al Washliyah Ke 87 Tahun 2017

Muralis Kabar Washliyah

Mun'im

Bagian Ketiga

Oleh. Abdul Mun’im. Ritonga, SH., MH.

Lagu Mars Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH)

LAGU ini dibuat khusus untuk Mahasiswa Al Washliyah. Lagu ini cukup mengesankan terutama bagi Mahasiswa yang bergabung dalam organisasi HIMMAH.

Lagu ini sering dinyanyikan pada saat acara-acara tertentu terlebih-lebih pada saat acara pengkaderan maupun pelantikan pengurus HIMMAH. Dalam lagu tersebut terdapat dua hal pokok utama yang menjadi landasan pemikiran dan perjuangan HIMMAH.

Pertama dikatakan bahwa HIMMAH itu adalah kader umat yang tugasnya untuk membina Indonesia hidup beragama. Kedua dikatakan bahwa HIMMAH itu suatu wadah tempat latihan bagi kader umat. Dibina jiwanya agar menjadi orang yang dinamis, tidak loyo, dulu diistilahkan dengan jiwa yang militan, dalam mengamalkan ajaran Islam.

Lagu ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa Al Washliyah, mahasiswa selalu merasakan dirinya sebagai kader umat yang bersemangat, sedang dibina dan dipersiapkan untuk membina Indonesia hidup beragama dan menjadi pemimpin masa depan baik untuk negara maupun untuk Al Washliyah.

Lagu Mars Angkatan Putri Al Washliyah (APA)

Lagu ini dibuat khusus untuk Angkatan Putri Al Washliyah (APA). Sama seperti lagu Mars lainnya sering dilagukan pada acara-acara tertentu dan iramanya enak didengar. Dalam lagu ini dibangun pikiran anggotanya untuk ikut maju dengan semangat yang membaja untuk mencapai cita-cita, Al Qur’an menjadi pedomannya, dalam mencari keridhoan Allah yang Kuasa.

APA juga diajak untuk ikhlas dan yakin dalam bekerja, hidup berjasa untuk nusa dan bangsa dan dengan penuh semangat selalu mengatakan, hiduplah Angkatan Puteri Washliyah.

Dampak lagu ini besar sekali bagi pengurus dan anggota APA. Mereka dalam sepak terjangnya selalu aktif dan selalu hadir dalam berbagai kegiatan baik dilakukan sendiri maupun bersama-sama bergandengan tangan dengan organisasi bagian lain, terutama dengan Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA).

Mereka juga dipersiapkan untuk calon pemimpin masa depan baik untuk negara dan bangsa maupun untuk menggantikan posisi kepengurusan Muslimat Al Washliyah.

Lagu Mars Muslimat Al Washliyah (MA)

Lagu ini dibuat khusus untuk Kaum ibu yang disebut Muslimat Al Washliyah (MA). Sama seperti lagu Mars lainnya sering dilagukan pada acara-acara tertentu dan iramanya enak di dengar.

Hampir sama dengan organisasi bagian Al Washliyah lainnya. Visi Muslimat Al Washliyah terlihat dari ungkapan dalam bait lagu Marsnya. Ada yang bersifat keagamaan yaitu menegakkan ajaran Ilahi dan ada bersifat kebangsaan yaitu membela nusa dan bangsa.

Lagu ini mengajak Muslimat Al Washliyah sebagai srikandi Al Washliyah untuk tampil dan terus maju, menjunjung tinggi agama Islam, mempersatukan umat, meneruskan perjuangan dalam mencapai cita-cita hidup merdeka, aman dan sentosa.

Dampaknya besar sekali dalam kehidupan sehari-hari dan sepak terjang ibu-ibu Muslimat Al Washliyah. Mereka menjadi tulang punggung Al Washliyah yang selalu hidup dengan kegiatan pengajian Majlis Taklimnya.

Ibu-ibu Muslimat menjadi penyangga bertahannya Al Washliyah sampai usia 87 tahun. Mereka yang selalu hadir setiap kali diadakan acara-acara jika diperlukan, mereka punya mssa yang besar.

Ibu-ibu muslimat juga yang selalu bersedia menyiapkan diri untuk mendukung pengkaderan para pemuda Al Washliyah. Dalam keadaan susah dan senang mereka siap menyediakan konsumsi pada saat generasi muda sedang mengadakan acara pengkaderan. Semoga jasa mereka tidak dilupakan.

bersambung…

Penulis adalah Ketua Majelis Dakwah dan Komunikasi (MDK) PB Al Washliyah.


Populer

_20191111_162949
Senin, 11 November 2019
Inilah Logo HUT Ke 89 Al Washliyah

×