Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Minggu, 22 Oktober 2017

Menyambut HUT Al Washliyah Ke 87 Tahun 2017

Muralis Majelis Opini

mun`im-aw
Abdul Mun'im Ritonga, SH. MH.

Bagian Kedua.

Oleh. Abdul Mun’im Ritonga, SH. MH.

LAGU Mars Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) adalah lagu yang khusus dibuat untuk para Pelajar Al Washliyah. Lagu ini yang paling sering dilagukan di antara lagu-lagu Mars yang lain di lingkungan Al Washliyah. Lagu ini sering sekali dinyanyikan oleh para pelajar di sekolah dan organisasi IPA yang jumlah massanya lebih banyak dari organisasi bagian lainnya dan berkesinambungan.

Lagu ini selalu dinyanyikan berulang-ulang, biasanya disandingkan dengan lagu nasional Indonesia Raya pada saat diadakan acara tertentu dan pada saat diadakan pengkaderan IPA.

Iramanya lebih tegas, terkesan lebih formal. Bait demi bait kata-katanya terasa menghunjam ke sanubari dari awal sampai penutup lagunya.

Lagu IPA ini antara lain menjelaskan kepada para pelajar bahwa azas dan pedomannya dalam belajar dan berorganisasi harus sama yaitu berazaskan ajaran Islam. Diajarkan juga adanya kesamaan cita-cita dalam beorganisasi dan dalam rangka untuk mempertinggi ilmu pengetahuan serta syiar agama.

Lagu ini juga mengajak agar para pelajar Al Washliyah untuk rela berkorban, menggerakkan tenaga segera, selalu bersatu dan bekerjasama, yakin dan tawakkal dalam kalbu karena bakti dan jasa dan untuk mempererat ukhuwah Islamiyah serta yakin bahwa Allah akan selalu beserta kita.

Dampak dari lagu ini bagi pelajar yang melagukannya luar biasa, baik saat dia melagukan sendiri maupun saat bersama-sama. Lagu ini melahirkan tekad dan semangat untuk belajar ilmu pengetahuan setinggi-tingginya dan berjuang untuk mencari ridho Allah SWT.

Tentang lagu Mars Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA) ada kesan tersendiri. Lagu ini khusus dibuat untuk para pemuda Al Washliyah, sungguh menggelorakan semangat untuk berjuang. Selain syair lagunya yang indah, kata-katanya bait demi bait mengandung makna yang dalam, melahirkan tekad dan semangat tinggi untuk berjuang di jalan Alah.

Bagi orang yang melagukannya, baik dia anggota GPA maupun tidak, baik orang tua ataupun pemuda, selalu bersemangat tinggi. orang lain yang mendengarnya juga ikut kagum. Saat dikumandang kan lagu ini, terkesan suasana lebih gegap gempita.

Lagu Mars GPA ini mengandung isi untuk menuntun para pemuda fisabilillah, semata-mata berjuang di jalan Allah SWT dan berdiri teguh dalam berjuang. Semua itu dilakukan untuk membela Islam yang indah dalam keadaan susah ataupun senang.

Lebih menghunjam lagi ungkapan yang mengatakan jangan surut di tengah jalan, walaupun penuh dengan rintangan. Itu pemuda Islam sejati, karena hidupnya telah berbakti.

Pesan lain berisi bahwa Islam itu mulia, ia selalu mengharap tenaga dari pemudanya. karena itu bersiaplah wahai para pemuda, karena kewajiban telah menunggu kita.

Dampak dari lagu ini besar sekali bagi anggota GPA maupun orang Al Washliyah lainnya. Diantaranya telah membakar semangat pemuda Washliyah dari masa ke masa silih berganti orangnya, untuk terus bejuang tiada henti-hentinya, membesarkan dan membela Islam di mana Al Washliyah menjadi wadahnya. Pemuda Washliyah tidak suka berdiam diri di rumah tanpa peran dan kontribusi buat perjuangan Islam di lapangan.[]

bersambung.

Penulis adalah Ketua Majelis Dakwah dan Komunikasi (MDK) PB Al Washliyah.


Populer

×