Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Kamis, 17 Agustus 2017

Perginya Sang Pencipta Lagu Mars IPA


Mahiddin Syafii
OK Mahiddin Syafie.

SELAMAT jalan kawan. Karyamu akan kami kenang selamanya. Sebuah lagu yang kau torehkan buat pelajar Al Washliyah yang sarat dengan nilai-nilai iman ilmu dan amal yang tak akan terlupakan sepanjang masa.

Dialah OK Mahiddin Syafie dan biasa disebut Mahiddin Kelana. Kalau dulu saat mengarang lagu Mars Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) masih dipanggil bang Mahiddin. Tapi saat menjelang meninggalnya beberapa waktu lalu beliau sudah dipanggil Ayahanda.

Beliau meninggal tetap tanggal 17 Agustus 2017 jam 12.45 di Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Mari kita bacakan Ummul Qur’an kepadanya Al Fatihah. Semoga amalnya diterima Allah Swt dan karyanya mengarang lagu Mars IPA menjadi amal jariyah yang tidak terputus sampai akhir masa.

Mungkin orangnya tak sepopuler lagu yang dikarangnya, tapi lagu itu sudah berkumandang dimana-mana di seluruh Nusantara di mana pelajar Al Washliyah berada.

Lagu itu berkumandang juga di berbagai negara, diantaranya saat saya berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain, bila rindu dengan Al Washliyah, selalu memutar lagu-lagu Al Washliyah termasuk lagu Mars IPA yang penuh kenangan buat saya sebagai instruktur pada pengkaderan IPA tahun 80 an di Sumut.

Lagu Mars IPA telah menginspirasi banyak pelajar Al Washliyah yang aktif di organisasi IPA yang tersebar di berbagai pulau di nusantara sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun lamanya.

Lagu Mars IPA sudah menjadi karya monumental. Sudah menjadi lagu Mars IPA yang wajib dikumandangkan tiap kali Organisasi IPA maupun para Pelajar Al Washliyah membuat acara.

Pada saat diadakan pengkaderan di lingkungan Organisasi IPA. Lagu Mars IPA itu terus berkumandang tiap kali dimulai acara sampai pesertanya hafal dengan sendirinya bait demi bait dan melekat dalam hati selamanya.

Syair lagunya enak didengar, bait demi bait isinya penuh mengandung makna, seperti halnya lagu-lagu Al Washliyah lainnya.

Mungkin semua lagu di Al Washliyah belum menjadi keputusan resmi sebagai lagu wajib Al Washliyah, dalam kesempatan ini saya ingin mengusulkan kiranya pada Muktamar Al Washliyah ke XXII yang akan datang agar semua lagu-lagu Washliyah termasuk lagu Mars IPA ditetapkan resmi menjadi lagu wajib Al Washliyah.

Untuk mengenang almarhum saya usulkan kiranya kepada keluarga Mahiddin dapat diberikan sesuatu berupa kenangan atas karyanya tersebut.

Mari kita simak maha karya Kanda Mahiddin Kelana lagu MARS IPA sbb:

Ikatan Pelajar Al Washliyah, asuhan dan perhimpunan kita.
Yang berazaskan dan berpedoman,
ajaran Islam mulia.

Tempat para pelajar mencipta,
untuk satu cita-cita.
Untuk mempertinggi ilmu pengetahuan,
serta syiar agama.

Ikhtiar serta usaha IPA,
bergerak disegala lapangan.
Dengan patuh setia kepada,
tuntunan hadits dan Qur’an.

Mempersiap diri dengan ikhlas,
memberikan pengorbanan.
Bekerja giat di dalam satu ikatan,
dengan pasti tujuan.

Wahai para pelajar Al washliyah,
gerakkan tenagamu segera.
Salurkankah kehendak yang murni,
Bersatu dan kerjasama.

Yakin dan tawakal dalam kalbu,
karena bakti dan jasa.
Untuk mempererat ukhuwah Islamiyah,
Tuhan beserta kita”
.[]

Penulis adalah mantan kader IPA H. Abdul Mun’im, SH., MH Ketua PB Al Washliyah.


Populer

×