Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Kamis, 29 Desember 2016

Al Washliyah Akan Buat Tutorial Ihram Bagi Penderita Hernia

Muralis Dunia islam

haji

JAKARTA – Pernah mendengar penyakit Kondor? Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok atau kondor, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki.

Lalu bagaimana jika penderita penyakit ini hendak menunaikan ibadah haji atau umrah. Tentu akan mengalami ketidaknyamanan hingga membahayakan. Karena saat memakai pakaian ihram, jemaah tidak diperbolehkan memakai pakaian apapun selain dua helai kain putih tak berjahit.

“Ini problematika gunung es yang akan dijawab Al Washliyah dalam menghilangkan rasa khawatir dan keraguan bagaimana cara yang benar dan tepat memakai pakaian untuk jemaah haji dan umrah penderita hernia,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar ormas Islam Al Jam’iyatul Washliyah KH Masyhuril Khamis melalui pesan tertulisnya, Kamis (29/12).

Adakalanya penderita penyakit ini malu untuk mengungkapkan penyakitnya. Hingga cara memakai pakaian sesuai dengan apa yang menurutnya benar. Dalam hal medis, penyakit ini tidak menimbulkan gejala panas dan lainnya. Hinga saat periksa kesehatan luput dari hasil diagnosa. Akan ketahuan jika hernia membesar dan jatuh saat letih setelah melakukan aktivitas.

Untuk itulah maka Pengurus Besar Al Jami’yatul Washliyah akan segera memproduksi Video Compact Disc (VCD) tutorial Tata Cara Memakai Pakaian Ihram Bagi Penderita Penyakit Hernia. VCD nantinya juga akan dibuatkan manual book nya atau buku petunjuk. “Jadi ada VCD dan ada juga buku petunjuk tatacara pemakaian bagi penderita Penyakit Hernia,” kata KH. Khamis.

Lanjut dia bahwa saat ini sedang dikaji aspek fiqh-nya oleh Dewan Fatwa PB Al Washliyah lalu koordinasi dengan Kementerian Agama dan setelahnya akan diproduksi.

Saat dihubungi, Pengurus Besar Al Washliyah lainnya Affan Rangkuti sebagai penggagas penerbitan VCD tersebut menginformasikan bahwa ini akan menjadi nilai ekonomis sekaligus dakwah dan amal sosial.

“Hasil produksi tersebut akan di-trading kepada jemaah haji dan umrah juga masyarakat. Ini langkah untuk menggali potensi karya nyata secara ekonomi dan sekaligus untuk dakwah dan amal sosial Al Washliyah. Para pemuda potensional Al Washliyah yang akan memproduksinya nanti,” jelas Affan Rangkuti.

Katanya lagi menambahkan, “Belum ada tutorial petunjuk dan tata cara memakai pakaian ihram bagi penerita penyakit Hernia. Dan Al Washliyah akan menjawabnya dengan menerbitkan tutorial ini,” pungkas Affan.

(mrl)


Populer

×