Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Sabtu, 10 Desember 2016

Peringatan HUT Al Washliyah Diisi Ziarah Ke Makam Pendiri dan Tokoh Organisasi

Muralis Majelis Sosial

makam-syekh-abdurrahman-syihab
Pengurus Al Washliyah Kota Medan, Sumut berziarah ke makam Syekh H. Abdurrahman Syihab di pemakaman Sungai Deli di area Masjid Silalas Kota Medan.

JAKARTA – Seperti tahun sebelumnya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 86 Al Washliyah dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Biasanya di sekolah-sekolah Al Washliyah untuk memeriahkan HUT diadakan berbagai lomba bagi pelajar Al Washliyah. Kegiatan ini diadakan beberapa minggu jelang hari ulang tahun.

Selain menggelar lomba yang diadakan sekolah atau madrasah Al Washliyah, para pengurus organisasi juga melakukan syukuran, upacara, peringatan HUT hingga ziarah ke makam pendiri atau tokoh-tokoh Al Washliyah di daerah masing-masing. Bila di Medan maka banyak makam pendiri, pejuang dan tokoh Al Washliyah. Sementara di daerah lain biasanya hanya tokoh yang telah membesarkan dan berjasa kepada organisasi yang lahir pada 1930 itu.

Di Medan misalnya, pengurus PD Al Washliyah Kota Medan melakukan ziarah ke makam pendiri dan ulama Al Washliyah. Dari mulai makam Syekh. H. Muhammad Yunus (ulama pemberi nama organisasi), Syekh H. Abdurrahman Syihab, Syekh. H.M Arsyad Thalib Lubis hingga berkunjung ke tempat lahirnya Al Washliyah yaitu Maktab Islamiyah Tapanuli (MIT) di Medan. Di maktab inilah deklarasi pendirian Al Washliyah dilakukan.

ke-mit
Foto: Pengurus Al Washliyah Kota Medan, Sumut berkunjung ke tempat lahirnya Al Washliyah di Maktab Islamiyah Tapanuli (MIT) di jalan Hindu Medan.

Ziarah ke makam juga dilakukan pengurus Al Washliyah di Jakarta. Ziaah dilaksanakan pada Rabu, 30 November 2016. Fungsionaris PB Al Washliyah berziarah ke makam tokoh Al Washliyah Abah H. Yunan Helmi Nasution dan Prof. Dr. Muslim Nasution, MA di Islamic Village, Tangerang. Ziarah ini dipimpin langsung Sekjen PB Al Washliyah Masyhuril Khamis sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan pesantren Al Washliyah di Parung Panjang, Bogor.

ziarah-ke-abahyunan
Foto: Sekjen PB Al Washliyah memimpin ziarah ke makam KH. Yunan Helmi Nasution di Islamic Village, Tangerang.

Sementara di DKI Jakarta juga diadakan ziarah ke makam tokoh Al Washliyah yang telah berpulang ke rahmatullah. Usai memimpin upacara di SMP Al Washliyah Kayumanis, Hendra Gunawan (Sekretaris PW Al Washliyah DKI Jakarta), M. Razvi Lubis (Sekretaris PB Al Washliyah), Wizdan Fauran Lubis (Ketum PP GPA) dan Ishak Ali Muda (Ketum PP IPA) berziarah ke pemakaman umum Kemiri, Rawamangun, Jakarta Timur.

ziarah-ke-makam-h-hawari-lubis
Foto: Pengurus Al Washliyah di Jakarta berziarah ke makam tokoh Al Washliyah Jakarta di TPU Kemiri, Rawamangun.

Di TPU ini ada tiga tokoh Al Washliyah yang dimakamkan sesuai urutannya yaitu H. Yunus Abu Bakar (Mantan Ketua PB Al Washliyah/Pimpinan Umum Al Washliyah Kayumanis-1998), H. Hawari Lubis (Mantan Ketum PP GPA dan Wasekjen PB Al Washliyah-2012) dan H. Aziddin, SE (Mantan Ketum PB Al Washliyah-2015). Semoga para pendiri, pejuang, penerus dan tokoh Al Washliyah memeroleh rahmat dan magfirah dari Allah Swt. Alfatihah.

(mrl)


Populer

×