Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 23 Mei 2016

Al Washliyah Akan Bangun Perguruan Tinggi di Jawa Barat


Fahrurrozi_AW Tasik
Ketua PD Al Washliyah Kota Tasikmalaya Fahrurrozi saat sambutan acara sosialiasi Sistem Pendidikan Al Washliyah di MTs Al Washliyah Indihiang, Tasikmalaya.

JAKARTA – Ide pendirian perguruan tinggi Al Washliyah di Jawa Barat terus bergulir. Dalam pertemuan antara Pengurus Besar, Pengurus Wilayah Jabar dan Pengurus Daerah Kota Tasikmalaya, ide tersebut dibahas dengan serius. Ketiga pengurus bersepakat mendirikan sebuah perguruan tinggi di Jawa Barat khususnya di Tasikmalaya.

Pembicaraan mendirikan perguruan tinggi dilakukan jelang sosialisasi Sistem Pendidikan Al Washliyah (SPA) pada Rabu (18/5) di Kota Tasikmalaya. Sekjen PB Al Washliyah Masyhuril Khamis melihat Jabar memiliki potensi untuk mendirikan sebuah sekolah tinggi. Di provinsi itu Ormas Islam ini memiliki banyak sekolah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota. Selain itu personalia pengurus wilayah rata-rata memiliki pendidikan strata 2 dan 3.

Melihat besarnya potensi yang ada, Masyhuril langsung melontarkan ide mendirikan sebuah perguruan tinggi di Tasikmalaya. Ide tersebut langsung disambut Ketua PW Al Washliyah Jabar Karsidi Diningrat dan Ketua PD Tasikmalaya Fahrurrozi. Karsidi menyatakan kesiapannya untuk mendirikan sebuah kampus di wilayahnya.

Sedangkan menurut Fahrurrozi dirinya sudah lama ingin mengembangkan pendidikan Al Washliyah di Kota Tasikmalaya. Hingga rencana untuk membangun sebuah kampus. “Kita rencanakan untuk mendirikan perguruan tinggi atau sekolah kejuruan,” katanya.

Menurutnya saat ini di Kota Tasik, Al Washliyah baru memiliki pendidikan Raudhatul Athfal, Madrasah Diniyah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah. “Alhamdulillah Al Washliyah Tasik hingga kini sudah memiliki RA, MTs, dan MD, selain pengajian rutin. Siswa kita saat ini untuk Madrasah Diniyah Awaliyah 250-300 orang, sementara Raudhatul Athfal kurang lebih 80-100 siswa,” jelasnya.

Fahrurrozi yang merupakan putra pendiri Al Washliyah Kota Tasik KH. Juned itu berharap organisasinya kian hari kian baik. “Saya berharap organisasi dan pendidikan Al Washliyah tambah besar khususnya di Tasik,” tegas mantan anggota DPRD Kota Tasik itu.

Ide pendirian sebuah perguruan tinggi juga direspon positif oleh ulama Al Washliyah KH. Juned. Dia berharap di kotanya itu bisa berdiri kampus Al Washliyah. “Kalau bisa kita dirikan STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Al Washliyah. Ini harus jadi Pak Karsidi,” katanya kepada Ketua Al Washliyah Jawa Barat.

(mrl)


Populer

×