Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Minggu, 14 Februari 2016

Biografi Ulama Kharismatik & Tradisi Keulamaan Washliyah



BUKU ini menguak biografi ulama-ulama kharismatik yang berafiliasi dengan organisasi Al Jam’iyatul Washliyah, serta akan menganalisa tradisi keulamaan dalam organisasi tersebut. Akan terlihat bahwa ada tiga generasi ulama Al -Washliyah.

Pertama, ulama generasi pertama yaitu guru-guru dari para pendiri Al Washliyah, antara lain adalah Syaikh Hasan Maksum dan Syaikh Muhammad Yunus.

Kedua, ulama generasi kedua, yaitu ulama-ulama yang mendirikan Al Washliyah. Mereka adalah Ustaz Ismail Banda, Ustaz Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Ustaz Abdurrahman Syihab, Ustaz Adnan Lubis dan Ustaz Muhammad Yusuf Ahmad Lubis.

Ketiga, ulama generasi ketiga yang merupakan murid dari para ulama generasi kedua, di antaranya adalah Ustad Muhammad Ridwan Ibrahim Lubis dan Ustaz Ramli Abdul Wahid. Selain itu, akan diketahui bahwa sanad keilmuan ulama-ulama Al Washliyah menyambung sampai kepada ulama-ulama Sunni di Timur Tengah, seperti Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, Syaikh Muhammad Yâsîn ‘Îsâ al-Fâdânî, Syaikh Hasan Masysyâth, Syaikh Sayyid Bakrî Syathâ’, dan Syaikh Ahmad Zainî Dahlân.

Bahkan jaringan keilmuan mereka menyambung sampai kepada pendiri mazhab Syâfi‘iyah (Imam al-Syâfi‘i) dan mazhab Asy‘ariyah (Abû al-Hasan al-Asy‘ari), sehingga dapat ditegaskan bahwa ulama-ulama Al Washliyah adalah pewaris mazhab Sunni yang sah di dunia Islam, dan secara historis bahwa mereka telah memainkan peran sebagai ‘benteng’ bagi tradisi Sunni di Nusantara.
Ja‘far, adalah Dosen Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara, Sekretaris Centre for Al Washliyah Studies (CAS), dan Managing Editor pada MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman UIN Sumatera Utara. Telah menulis tidak kurang dari 25 karya akademik (buku dan penelitian) dalam bidang filsafat, tasawuf, pendidikan, dan ke-Al-Washliyahan.

 

(*/esbeem)


Populer

×