Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Jumat, 19 Juni 2015

Resensi Buku: Dinamika Pergerakan Al Washliyah dari Zaman ke Zaman


jafar-aw
Foto- Dr. Ja’far, MA [Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara, dan Sekretaris Centre for Al Washliyah Studies

AL JAM`IYATUL WASHLIYAH (Al Washliyah) dilahirkan di Medan, 30 November 1930. Organisasi yang berasaskan Islam yang dalam  hukum menganut mazhab Syâfi‘i dan dalam iktikad menganut mazhab Ahlussunnah Waljamaah, didirikan oleh ulama-ulama terbaik Sumatera Timur seperti Ismail Banda, Abdurrahman Syihab, Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Adnan Lubis dan Muhammad Yusuf Ahmad Lubis. Mereka adalah murid-murid Syaikh Hasan Maksum dan Syaikh Muhammad Yunus.

Gerakan Al Washliyah dalam menjalankan amal usahanya (pendidikan, dakwah dan amal sosial) telah ditulis oleh banyak peneliti, meskipun belum dipublikasikan secara meluas. Pengurus Besar (PB) Al Washliyah era awal juga banyak menerbitkan buku-buku mengenai capaian-capaian organisasi dalam merealisasikan tujuan dan usaha-usaha organisasi. Keberadaan puluhan riset dan buku akademik tersebut menjadi bukti bahwa organisasi ini telah banyak memberikan sumbangsih bagi agama dan
negara.

Salah satu buku terbaru mengenai Al Washliyah adalah buku karya Ismed Batubara, SH, MH (Dekan Fakultas Hukum UNIVA Medan dan Direktur Centre for Al Washliyah Studies) yang berjudul Dinamika Pergerakan Al Washliyah dari Zaman ke Zaman yang diterbitkan di Medan atas kerjasama Perdana Publishing dan Centre for Al Washliyah Studies. Meskipun relatif terbatas dari segi halaman, tetapi buku tersebut memberikan informasi komprehensif mengenai sejarah dan amal usaha Al Washliyah.

Penggunaan referensi-referensi primer dan langka membuat konten buku tersebut semakin berbobot secara akademik. Secara umum, buku tersebut berisikan tentang akar historis Al Washliyah, dinamika perjuangan Al Washliyah, aset Al Washliyah, dan refleksi 85 tahun Al Washliyah. Penggunaan bahasa yang renyah membuat buku tersebut sangat mudah dipahami oleh masyarakat luas. Sangat pantas dimiliki oleh kader-kader Al Washliyah di seluruh Indonesia.

Keberadaan buku tersebut menjadi bukti tidak terbantahkan bahwa peradaban buku Al Washliyah tidak pernah mati. Para pendiri dan ulama Al Washliyah memang sangat produktif melahirkan buku, baik mengenai keislaman maupun mengenai organisasi Al Washliyah. Kini, semangat akademik tersebut terus diwarisi oleh generasi muda Al Washliyah.

Semoga peradaban buku dalam organisasi Al Washliyah terus mengalami kemajuan signifikan dan mampu mengungguli peradaban buku organisasi semacam Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Âmîn.

Penulis,
Dr. Ja’far, MA

[Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara, dan Sekretaris Centre for Al Washliyah Studies, e-mail: miqot@ymail.com]
Judul : Dinamika Pergerakan Al Washliyah dari Zaman ke Zaman
Penerbit : Perdana Publishing & Centre for Al Washliyah Studies
Total Halaman : 134 halaman
Penulis : Ismed Batubara, SH, MH


  • anwar

    dimna bsa dpat buku ny y pak??

  • anwar

    skaligus kontak person ny..?

Populer

×