Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Senin, 15 Juni 2015

Keakuratan Data, Awal Pelaksanaan Manajemen Moderen Dalam Pendidikan Al Washliyah


sawiyanto-aw

JIKA kita tanya kepada semua kader Al Washliyah mengenai komitmen untuk memajukan Pendidikan Al Washliyah sduah barang tentu semuanya akan menjawab setuju dan mendukung.

Ketua Umum Pengurus Besar Al Washliyah Dr. H. Yusnar Yusuf juga memiliki strategi besar dalam membangun organisasi yang dilahirkan ulama ini. Grand Strategy itu dikrucutkannya ke dalam pilar pendidikan.

Sebagai pemimpin di Ormas Islam ini maka sudah seharusnya bertanggung jawab terhadap masa depan pendidikan warganya. “Sebuah ungkapan education for all (pendidikan untuk semua) harus menjadi program utama bagi Washliyah,” tegasnya.

Ilmu pengetahuan yang tinggi merupakan keniscayaan bagi warga Al Washliyah. Tiga tahun ke depan diharapkannya setiap keluarga Washliyah mampu melahirkan seorang sarjana yang cerdas lagi berakhlak.

“Selanjutnya lima tahun ke depan 1% dari warga Washliyah diharapkan meraih predikat doktor (S3) dalam pendidikannya. Sehingga Washliyin yang berkemajuan berhasil diwujudkan,” imbuhnya. http://kabarwashliyah.com/2015/04/22/bila-terpilih-yusnar-siap-cerdaskan-dan-sejahterahkan-warga-washliyah/#sthash.0xwL5Hts.dpuf)

H. Abdul Mun im, SH.MH dalam kabarwashliyah.com mengatakan bahwa: “satu visi khusus yang penting ingin dicapai adalah terlaksananya menejemen modern pada Al Washliyah dalam mengelola berbagai hal. Jika menejemen modern dapat diterapkan,
maka Al Washliyah diperkirakan akan dapat mencapai kemajuan yang lebih pesat dalam waaktu yang lebih singkat dan penanganan organisasi lebih profesiona”, yang slah satunya adalah Bidang Pendidikan. http://kabarwashliyah.com/2015/04/12/penerapan-manejemen-modern-untuk-al-washliyah-4/#sthash.mheImxP5.dpuf).

Akan tetapi dari mana kita harus memulainya. Menurut hemat penulis, kita harus memulainya dari “Keakuratan Data”. Data adalah keterangan yang benar dan nyata, yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Al Washliyah perlu membangun
Manajemen Data yang modern agar dapat dijadikan sebagai proses pengambilan kebijakan yang tajam dan perencanaan program pendidikan Al Washliyah yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

Modernisasi Manajemen data dimaksud dalam hal penyamaan visi, keakuratan data yang akan kita jadikan sebagai pusat pangkalan data terpercaya, serta pemanfaatan data dalam bentuk yang lebih luas.

Nah untuk itu PB Al Washliyah harus memiliki Sistem Informasi Manajemen Data Pendidikan Al Washliyah terpusat dan terkoordinir. Data Pendidikan Al Washliyah harus valid, akurat, orisinil, mutakhir dan tepat waktu.

Data kita harus sinergis dengan data Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemendikbud RI, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Lalu Al Washliyah membuat pengembangan pemanfaatan  data yang lebih luas, contohnya sebagai bahan Indeks tertentu yang modern dalam bidang pendidikan Al Washliyah.

Tantangan dunia pendidikan kedepannya semakin dituntut untuk pengelolaan pendidikan yang benar-benar professional dan modern, yang salah satunya adalah dengan melakukan keakuratan data pendidikan khususnya di lingkungan Pendidikan Al Washliyah.

Menghadapi Tahun Pelajaran Baru (2015/2016) Pengurus Besar Al Washliyah hasil Muktamar 22 s.d 24 April 2015 untuk periodesasi 2015-2020 harus benar-benar fokus dan konsentrasi terhadap masalah Pendidikan Al Washliyah disamping juga memprogram
bidang-bidang lainnya.

Kepada Kepala Sekolah/Madrasah pada semua tingkatan (RA/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMK/MAK dan Perguruan Tinggi) kiranya dapat mempedomani Sistem Pendidikan Al Washliyah (SPA), sekalipun kita akui bahwa SPA yang kita miliki masih banyak yang harus kita sempurnakan.

Selanjutnya sebagai Kepala Sekolah/Madrasah kita harus membiasakan keakuratan dan ketepatan data pendidikan sehingga data kita akan valid dan sinergi dengan data yang ada pada Pemerintah. Dengan demikian kedepan Pendidikan Al Washliyah akan lebih berkembang dan bermutu secara kuantitas dan kualitas. Amiin ya Rob.

Penulis: Sawiyanto
Mahasiswa S3 UIN Sumut Medan


Populer

×