Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Rabu, 27 Mei 2015

Kasal: Ibadah Sholat Mengandung Nilai-Nilai Disiplin


kasal-aw
Foto- Penceramah Ustad Dadi Supriyadi saat memberikan ceramah pada peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1436 H/2015, di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur. (dispenal)

JAKARTA –  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., mengatakan bahwa umat muslim dapat memetik hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan shalat lima waktu, yakni berupa nilai-nilai disiplin secara universal.

“Disiplin di sini dapat mencakup aspek ketepatan waktu, bacaan maupun tata caranya, yang dapat diimplementasikan pada kedinasan sebagai modal dasar dalam kedisiplinan menjalankan tugas dan tanggung jawab.”

Demikian dikatakannya membuka acara Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1436 H/2015, yang digelar Mabes TNI AL di Gedung Auditorium, Denma, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (27/5).

Perayaan Isra Mikraj Tahun 2015 yang menghadirkan penceramah Ustad Dadi Supriyadi ini mengangkat tema, “Dengan Hikmah Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam Kita Mantapkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’alla guna Mendukung Tugas Pokok TNI.”

Menurut Kasal, dengan tema tersebut mengisyaratkan pesan dan harapan, bahwa dengan melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’alla untuk mendirikan shalat lima waktu, yang merupakan hasil Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, maka kita dapat menggunakannya untuk membentengi diri dan keluarga dari pengaruh negatif lingkungan.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. berharap, hikmah dari Isra Mikraj dapat mengingatkan, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam, dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’alla guna, meningkatkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara, tandasnya.

Dikaitkan dengan peningkatan kualitas, menurut Kasal, proses untuk menjadikan TNI Angkatan Laut berkelas dunia harus bertumpu pada peningkatan keunggulan teknologi, operasional, dan organisasi yang juga harus diikuti dengan penyiapan sumber daya manusia yang unggul, salah satunya ditentukan oleh keberhasilan pembinaan moral dan mental serta keimanan prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut,” lanjut Kasal.

Sementara itu Ustad Dadi Supriyadi saat memberikan ceramahnya menjelaskan bahwa peningkatan keimanan seseorang sangat tergantung dengan yang bersangkutan, dan bagaimana ia dapat konsisten berjalan pada track yang benar yaitu jalan yang lurus dan diridhoi Allah SWT sampai akhir hayat.

“Bagaimana berjalan sesuai track yaitu jalan yang lurus dan diridhoi Allah SWT inilah yang harus konsisten bagi semua umat muslim, serta tidak terpengaruh oleh godaan keindahan duniawi yang pada akhirnya akan memalingkan keimanan seseorang,” paparnya.

Pada acara Peringatan Isra Mikraj yang dihadiri sekitar 600 prajuirt yang berdinas di lingkungan Mabesal ini hadir pula para pejabat utama TNI AL, antara lain Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Widodo, S.E., M.Sc., Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI AL, serta para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, Jakarta.
a.n. Kepala Dispenal
Kasubdispenum
Suradi Agung Slamet , S.T., S.Sos.
Kolonel Laut (P)


Populer

×