Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Kamis, 16 April 2015

Mulkan Nasution: Muktamar Al Washliyah Harus Bersih Dari Politik Uang


money politics

JAKARTA – Tantangan zaman kian hari kian unik, untuk itu peran Ormas Islam Al Washliyah harus mampu menjawab tantangan tersebut. Organisasi yang telah berusia 84 tahun ini juga diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara. Hal ini dikatakan pengurus Dewan Pertimbangan PB Al Washliyah Mulkan Nasution, Kamis (16/4) di Jakarta.

“Al Washliyah ke depan harus memiliki kemampuan menyelesaikan masalah bangsa dan negara,” katanya. Di masa mendatang tantangan dakwah dan pendidikan semakin berat meski demikian kata Mulkan peluang yang sangat unik itu harus bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan Islam secara modern. Dengan demikian Al Washliyah bisa berperan di tengah pecaturan bangsa dan mampu memaikan peranannya sebagai Ormas Islam yang turut serta dalam sejarah berdirinya Republik Indonesia.

Mantan Ketua PB Al Washliyah ini juga mengharapkan Muktamar Al Washliyah berjalan sukses dan lancar. Namun diingatkannya dalam muktamar nanti tetap mengedepankan azas Islam. Sementara terkait pemilihan jangan ada politik uang. “Muktamar harus mengedepankan azas-azas yang berdasarkan Islam. Jangan ada money politics,” tegas Mulkan.

Diingatkannya, praktek politik uang itu haram, baik yang menerima maupun yang memberi keduanya haram. Cara suap menurut Mulkan selain tidak Islami juga tidak pernah dilakukan di Al Washliyah. “Money politics tidak sesuai dengan Islam dan tidak diajarkan ulama Al Washliyah,” terang Mulkan Nasution.

Oleh karena itu diharapkannya kepada seluruh peserta muktamar agar dapat memilih PB Al Washliyah yang tepat. Pengurus Al Washliyah katanya harus orang yang memiliki berbagai disiplin ilmu pengetahuan. “Harus ada kalangan ulama, cendikiawan, ekonom, tokoh pendidikan dan lain-lain,” ujarnya. Dia berharap organisasi yang telah membesarkannya itu mampu sejajar dengan Ormas besar lainnya.

Terkait organ bagian, Mulkan Nasution berpesan kepada PB Al Washliyah periode 2015-2020 harus diperhatikan. Tidak hanya itu, organ bagian Al Washliyah harus dikembangkan. “PB Al Washliyah harus mengayomi, mendidik membina dan mendorong organ bagian untuk berkembang,” tuturnya.

(mrl)


Populer

×