Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Selasa, 17 Juni 2014

Guru-Guru Matpel Kealwashliyahan Bertemu Pencipta Lagu Al Washliyah


Salhiyah
Pengarang lagu Al Washliyah Salhiyah Yunus saat memberikan materi Lagu-lagu Al Washiyah.

MEDAN – Guru-guru Kealwashliyahan se Sumatera dan Jawa memperoleh kehormatan bertemu langsung dengan pencipta lagu-lagu Al Washliyah Salhiyah Yunus. Pertemuan itu terjadi dalam acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Fungsional Mata Pelajaran Kealwashliyahan Pendidikan Dasar dan Menengah yang diadakan Majelis Pendidikan PB Al Washliyah pada Selasa (18/6) di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara.

Salhiyah Yunus merupakan kader Al Washliyah yang produktif menciptakan lagu-lagu Al Washliyah. Bahkan lagu-lagunya terus digunakan sebagai lagu wajib baik bagi Al Washliyah maupun organisasi bagiannya. Setidaknya ada enam lagu tentang Al Washliyah diciptakanya. Diantaranya Himne Al Washliyah, Balada Al Washliyah dan Kader Al Washliyah. Lagu-lagu Kealwashliyahan ini menurutnya sudah beberapa kali dilakukan rekaman.

Salhiyah1

“Angkatan Puteri Al Washliyah (APA) Sumut beberapa waktu lalu melakukan rekaman lagu-lagu Al Washliyah,” kata Salhiyah Yunus dalam penyampaian materinya. Dia pun mengungkapkan ada beberapa versi lagu Mars Al Washliyah dinyanyikan. “Ada yang menyanyikannya dengan versi lama, versi UMN, dan versi Univa,” katanya. Lalu dalam sebuah training di Univa akhirnya disepakati untuk kembali kepada versi lama sesuai dengan yang dinyanyikan penciptanya H. Umar Ya’cub Nasution.

Dikatakan Salhiyah Yunus, pernah suatu ketika lagu Mars Al Washliyah dinyanyikan dalam suatu acara dengan versi UMN. “Setelah dinyanyikan, banyak pengurus Al Washliyah yang komplain dengan lagu yang dinyanyikan. Lalu akhirnya disepakati untuk kembali menyanyikannya dengan versi yang lama sesuai dengan asli dari penciptanya,” terangnya.

Salhiyah2

Para guru Kealwashliyahan sangat antusias mengikuti materi lagu-lagu Al Washliyah. Dan beberapa kali lagu-lagu Al Washliyah diperdengarkan. Ketika lagu didengarkan spontan para guru mengikuti syair lagu tersebut. Bahkan ada peserta diklat yang meminta diputar ulang lagu tersebut. Lagu-lagu Al Washliyah ini begitu menarik perhatian peserta diklat bahkan langsung membeli CD lagu yang sudah diperbanyak.

(mrl)


Populer

×