Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Minggu, 16 Februari 2014

Indonesia Juara Umum Musabaqah Hifzil Qur`an dan Hadits

Munthe Dunia islam

alquran-aw

JAKARTA – Indonesia diumumkan sebagai juara umum pada Musabaqah Hifzil Qur`an dan Hadits (MHQH) ASEAN dan Pasifik ke-5, Jumat (14/02/2014) malam di Hotel JW. Mariott, Jakarta. Peserta asal Indonesia unggul pada lima kategori perlombaan;  empat kategori hapalan Quran dan satu hapalan Hadits.

Empat kategori hapalan Qur`an terdiri dari hapalan Qur`an 30 Juz, 20 Juz, dan 15 Juz serta 10 Juz.

Keunggulan peserta Indonesia juga terlihat pada perlombaan Hadits. Seluruh pemenang berasal dari Indonesia. Bahkan, dari 14 peserta kategori Hadits, terpilih lima finalis yang semuanya berasal dari Indonesia.

Hal ini merupakan suatu kebanggan karena hadiah langsung diserahkan oleh Pangeran Arab Saudi, Khaled bin Sultan bin AbdulAziz di depan perwakilan Kementrian Agama RI, para Duta Besar dan  ulama Arab Saudi, serta pejabat Indonesia lainnya.

Dalam sambutannya, putera Sultan bin AbdulAziz Alu Su’ud, Pangeran Khaled, yang telah menjadi sponsor utama kompetisi selama ini mengatakan Pemerintah Arab Saudi banyak menerima surat permohonan pendirian pusat studi Bahasa Arab di Indonesia.

Menurutnya, hal itu menunjukkan minatnya ilmu Islam yang meningkat. “Itu berarti hubungan diplomatik antara kedua negara juga membaik,”ulasnya sebelum penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Selain pemberian hadiah Haji dan sejumlah uang pada peserta, Pangeran berinisiatif memberikan kesempatan Umroh secara gratis.

Hadiah itu mendadak disampaikan oleh moderator acara.

“Atas inisiatif pribadi Pangeran Khaled sendiri, khusus tahun ini beliau memberi tambahan hadiah Umroh bagi seluruh pemenang,”tutur moderator setelah pembagian hadiah utama kepada para pemenang.

Informasi yang tidak disangka-sangka itu disambut lirikan para pemenang kemudian ucapan tahmid. Hadiah itu sebagai ucapan syukur Pangeran Khaled atas keberkahan acara.

Sementara itu, dalam kompetisi ini, perolehan tertinggi didapat peserta hafalan 30 Juz asal Thailand, Afan Tohwae-Ayi.
Ia mendapatkan uang sebesar 16 Ribu Real, disusul peserta asal Indonesia, juara dua dan tiga, Saihul Basyir dan Mokh. Khusni Mubarrok yang mendapatkan uang 15 Ribu Real dan 14 Ribu Real.

Sedangkan untuk pemenang kategori Hadits juara satu sampai tiga diraih oleh: Milzam Priambodo, Iqbal Asid Maududdin dan Afifuddin Muhammad. Masing-masing berhak mengantongi uang sebesar 10- 8 Ribu Real.

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri Agama RI Nasaruddin Umar mengucapkan terimakasih atas acara yang sudah berlangsung ke-lima kalinya itu. “Mudah-mudahan al Quran dan Hadits tidak hanya dihafal, tapi juga menjadi pedoman hidup manusia,”ucapnya.

(hidayatullah/esbeem)

 

 


Populer

×