Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Rabu, 27 November 2013

56 PTK Terima Penghargaan Satyalancana Pendidikan dari Presiden


Hari-guru-nasional1

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) kembali menyelenggarakan puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI. Sebanyak 56 orang pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang terdiri atas guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi dan berdedikasi luar biasa menerima penghargaan berupa tanda kehormatan Satyalancana Pendidikan.

Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan secara simbolik kepada 15 orang dari 56 penerima penghargaan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional 2013 dan HUT PGRI ke-68 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu, (27/11/2013).

Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2013 mengambil tema “Mewujudkan Guru yang Kreatif dan Inspiratif dengan Menegakkan Kode Etik untuk Penguatan Kurikulum 2013″. Tema ini diambil bersamaan dengan dimulainya implementasi Kurikulum 2013 secara bertahap dan terbatas.

Diharapkan, pada tahun ini, implementasi dan penegakan kode etik guru mengalami penguatan, termasuk kemampuan guru dalam memahami dan mengimplementasikam kode etik guru.

Pada sambutannya, SBY meminta para pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus menjadi teladan, berprestasi, dan mengabdi untuk pendidikan bangsa dan negara. “Sudah ratusan kali Saya menyatakan, bangsa yang maju dan unggul adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang maju dan unggul,” katanya kepada para peserta HGN.

Presiden mengatakan, manusia yang unggul adalah hasil dari pendidikan yang maju, sedangkan guru dan dosen adalah penentu keberhasilan kemajuan pendidikan. “Oleh karena itu, marilah terus kita tingkatkan daya saing bangsa agar bangsa Indonesia makin ke depan makin maju, adil, dan sejahtera,” katanya disambut tepuk tangan peserta.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga menyerahkan penghargaan kepada 12 guru pemenang Lomba Forum Ilmiah Guru Tingkat Nasional Tahun 2013, dan tujuh guru pemenang Lomba Kreativitas Guru Tahun 2013.

Hadir pad acara Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Agama Surya Dharma Ali, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Hadir pejabat lingkup Kemdikbud Wamendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim, Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im, dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Syawal Gultom. (gardo).


×