Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Jumat, 15 November 2013

Kunci Keberhasilan Pendidikan Al Washliyah Deli Serdang

Munthe Majelis Opini

sawi-aw

FAKTOR-FAKTOR keberhasilan perencanaan pendidikan Al-Washliyah Deli Serdang, Sumatera Utara, dipengaruhi oleh faktor-faktor baik internal maupun eksternal serta kajian yang mendalam terhadap lingkupnya dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang tertuang dalam analisis SWOT.

1.   Kekuatan (Strength)
Ada beberapa kekuatan yang dapat dijadikan sandaran dalam pembangunan pendidikan Al-Washliyah Deli Serdang, antara lain :
a.      Kekuatan hukum
b.      Visi dan Misi

❖ Visi dan Misi Al-Washliyah
❖ Visi dan Misi Pendidikan Al-Washliyah
❖ Tujuan Pendidikan Al-Washliyah

c.   Kelembagaan dan pengorganisasian
d.   Sarana dan prasarana

2.   Kelemahan (Weakness)

a.   Kelemahan dan hambatan dalam program pemerataan pendidikan.
b.   Kelemahan dan hambatan dalam program relevansi pendidikan.
c.   Kelemahan dalam pelaksanaan efisiensi internal pendidikan

3.   Peluang (Opportunity)

Berbagai faktor eksternal yang dapat dijadikan peluang dalam keberhasilan pendidikan Al-Washliyah Deli Serdang yang selama ini kurang mendapat perhatian adalah :

a.   Makna pendidikan bagi warga Al-Washliyah
b.   Jiwa kewirausahaan
c.   Sistem kekerabatan yang masih kental
d.   Daerah yang aman untuk menyelenggarakan pendidikan

4.   Ancaman (Threats)

Faktor – faktor yang dapat mengancam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan Al-Washliyah Deli Serdang patut diwaspadai. Hal ini penting karena penanganan masalah pendidikan tidak dapat diselesaikan secara internal di lingkungan pendidikan saja. Ancaman tersebut meliputi:

a.     Masalah sosial ekonomi
b.     Era globalisasi dan perdagangan bebas
c.     Ancaman disintegtasi bangsa.

SARAN:

Berdasarkan analisis SWOT (analisis faktor eksternal dan faktor internal) dalam perencanaan pendidikan Al-Washliyah Deli Serdang ke depan, maka penulis memberikan saran-saran :

1.   Diharapkan dengan adanya perencanaan pendidikan Al-Washliyah Deli Serdang menjadikan para orang tua memiliki kesadaran untuk dapat menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan Al-Washliyah dan dilanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang di kelola oleh Al-Washliyah.

2.   Melengkapi sarana dan prasarana penunjang pendidikan untuk kelancaran sistem pendidikan.

3.   Memberikan motivasi kepada guru-guru tertutama yang baru bergabung di Al-Washliyah agar tugas mengajar kepada murid–murid dapat dilaksanakan dengan sebaik–baiknya, dan berwawasan Al-Washliyah.

4.   Para pengelola Pendidikan Al-Washliyah harus berjiwa besar dan berwawasan luas, bahwa Al-Washliyah adalah sebuah organisasi (bukan milik pribadi), sehingga dalam pengelolaannya benar-benar berdasarkan peraturan Pendidikan Al-Washliyah yang sudah ditetapkan.

5.   Perlunya dibuka Perguruan Tinggi yang di kelola oleh Al-Washliyah, baik Pendidikan Tinggi Umum maupun Pendidikan Tinggi Agama Islam di Wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Penulis
Sawiyanto, MA
Sekretaris MP. Al-Washliyah Deli Serdang, Sumatera Utara


Populer

×