Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Sabtu, 19 Oktober 2013

Hari Raya Idul Adha di Barus Semarak


Foto0295

BARUS – Susana malam Hari Raya Idul Adha di Barus, Sumatera Utara, sangat semarak, layaknya seperti saat takbiran Idul Fithri. Meski malam takbiran Idul Adha kali ini diguyur hujan, namun semangat mengagungkan Asma Allah tetap berjalan dengan baik. Peserta pawai takbiran menelusuri jalan sekitar kota Barus setelah bergerak dari tempat start di halaman Mushallah Muslimat Al Washliyah Barus.

Pelaksanaan sholat Idul Adha di Barus terselenggara disetiap Mesjid mulai dari kota sampai kesetiap Kelurahan dan desa, dengan alunan gema Takbir,Tahmid dan
Tahlil.

Warga Al Washliyah Barus sejak pukul 6.30 WIB sudah berbondong-bondong mendatangi Mesjid Raya yang terletak di jl.Jend.A.Yani untuk melaksanakan sholat Idul Adha berjama’ah. Mesjid Raya yang menjadi kebanggaan masyarakat Barus ini tampak melimpah ruah dipadati kaum Muslimin Muslimat hingga kehalaman parkiran dan pelataran Mesjid.

Selesai melaksanakan sholat Idul Adha warga Al Washliyah Barus melaksanakan penyembelihan Qurban bertempat di Komplex Sekolah Dasar Al Washliyah Barus.

Untuk tahun ini hewan Qurban yang disembelih adalah 7 ekor kerbau. Ketua Panitia Qurban Al Washliyah Barus Sukran Tanjung ketika dimintai keterangannya oleh kabarwashliyah.com mengatakan bahwa warga yang ikut berqurban ini memakai sistem pembayaran cicilan menabung terlebih dahulu.

“Selama satu tahun warga kita yang ingin berqurban menyetorkan cicilannya perminggu atau perbulan kepada panitia. Ada juga terkadang secara kontan menjelang Idul Adha. Kemudian Panitia mencari kerbau sesuai dengan syarat dan ketentuan yang boleh dijadikan Qurban,” katanya.

Untuk 1 ekor kerbau terdiri dari 7 orang pequrban, dan sebahagian daging qurban
ini didistribusikan ke Desa Ranting Al Washliyah yang tergolong Dhu’afa, jelas Sukran (yab/gardo)
Teks Foto : Penyembelihan Qurban No.3 di komplex SD Al Washliyah Barus


Populer

×