Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Rabu, 5 Juni 2013

Arab Saudi Batasi Kuota Jemaah Umrah

Munthe Dunia islam

masjid-aw

JAKARTA – Menteri Agama, Suryadharma Ali, mengemukakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada tahun ini mulai membatasi kuota ibadah umrah. hal itu dilakukan oleh pihak kerajaan guna mengurangi kepadatan jemaah di kawasan Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Suryadharma mengemukakan itu di Jakarta, Rabu (5/6/2013). Menurut dia, pembatasan jumlah ibadah umrah karena di sekitar Haram sedang ada pengerjaan perluasan pembangunan. “Banyak gedung-gedung yang dihancurkan untuk perluasan Masjidil Haram sehingga pihak Arab Saudi membatasi jumlah kuota ibadah umrah yang setiap tahunnya,” papar Suryadharma, sebagaimana dilansir poskotanews.com

Berapa kuota ibadah umrah untuk Indonesia, Suryadharma mengatakan mengenai jumlah kuotanya pihak kedutaan besar Arab Saudi yang akan menentukan. “Dengan kebijakan ini memang banyak yang kecewa, namun kebijakan ini akan normal setelah pengerjaan perluasan Masjidil Haram. Kemungkinan Tahun 2014 pembatasan ini dicabut kembali oleh pihak Arab Saudi.”

Menag membantah adanya pembatasan kuota ibadah umrah tidak disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang sudah mendaftar di perusahaan biro perjalanan haji dan umrah,  tapi harus menunggu lama untuk bisa berangkat umrah. Selain itu, ongkos ibadah umrah pun menjadi naik harganya.

“Kami sudah lama mensosialisasikan pembatasan kuota umrah ini kepada masyarakat,” ucap Suryadharma.  (*/esbeem)


Populer

×