Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 6 Mei 2013

Saudi Dilanda Virus nCoV, Jemaah Umroh Diimbau Waspada

Munthe Dunia islam

jeddah-aw

JAKARTA – Kawasan  Arab Saudi dilanda kasus baru infeksi Novel Corona Virus (nCoV) setelah kasus terakhir September 2012.  Berdasarkan laporan The National IHR Focal Point of Saudi Arabia,  hingga 1 Mei ini sudah ditemukan 7 kasus baru infeksi virus nCoV yang ditemukan di propinsi bagian timur Arab Saudi. Dari 7 kasus tersebut, lima penderita tewas dan dua lainnya saat ini dalam kondisi kritis.

“Jadi sejak September 2012 hingga 1 Mei, WHO sudah menerima laporan jumlah total kasus konfirmasi Novel Corona Virus atau nCoV sebanyak 24 kasus, dimana  16 kasus meninggal dunia, dengan total rata-rata kemarina mencapai  66,66% dan kategori  cukup tinggi,” papar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama, Minggu (5/5) seperti dilansir poskotanews.com

Sehubungan dengan merebaknya kasus virus nCoV di Arab Saudi, pemerintah Indonesia dikatakan Tjandra sudah membuat surat edaran ke Dinas Kesehatan dan kantor kesehatan pelabuhan (KKP) seluruh Indonesia. Surat edaran bernomor HK.03.03/D/II.1/1027/2013 tersebut intinya adalah tentang langkah-langkah peningkatan kewaspadaan Novel Corona Virus yang harus dilakukan seluruh dinas kesehatan dan rumah sakit di Indonesia.

Isi surat edaran tersebut antara lain agar seluruh dinas kesehatan dan KKP diminta untuk meningkatkan surveilans terhadap kasus Severe Acute Respiratory Infection (SARI) yang mungkin ditemukan di masyarakat khususnya pada kasus klaster (cluster).
Kedua meningkatkan kewaspadaan di rumah sakit dengan pengamatan semua kasus SARI yang tidak jelas penyebabnya dan ditangani dengan seksama serta dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Ketiga melakukan pengamatan terhadap orang (kru dan penumpang) dengan gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas di pintu masuk negara. Terutama terhadap mereka yang baru berpergian umroh atau ke wilayah Arab Saudi. Selain itu pemerintah juga meminta kepada jemaah umrah untuk selalu menjaga kesehatannya dan segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan bila sakit dengan gejala seperti tersebut di atas.

Novel Corona Virus adalah termasuk virus yang mematikan berasal dari keuarga virus SARS. Virus ini menyerang manusia dengan gejala khas pilek, demam, batuk dan sesak nafas. Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab virus Corona tersebut yang kasusnya pertama muncul dinegara Inggris. (*/esbeem)


Populer

×