Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman
Senin, 29 April 2013

KPU Akan Keluarkan Draf PKPU Baru


kpu logo

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mempersiapkan dua Draf Peraturan KPU (PKPU) yakni draf peratutan pemungutan penghitungan suara dan draf rekapitukasi penghitungan suara pemilu legislatif 2014.

“Ada dua PKPU yang akan kita siapkan, pertama draf PKPU mengenai pemungutan penghitungan suara dan draf PKPU rekapitulas penghitungan suara pemilu legiltaf,” ujar Anggota Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantor KPU Jl.Imam Bonjol Menteng Jakarta Pusat, Senin (29/04/2013).

Selain itu, Ferry juga mengaku, ada beberapa keputusan terbaru terkait Peraturan KPU mengenai perubahan peraturan KPU nomor 1 tahun 2013 tentang kampanye, yakni mendelete (menghapus) pasal 46 dan sudah fix.

“Ada beberapa PKPU yang sudah kita putuskan, ada perubahan soal PKPU 1 tahun 2013, tentang kampanye yang kita mendelete pasal 46, sudah fix,” ujarnya.

Lebih lanjut Ferry menambahkan, KPU akan mempersiapkan Peraturan KPU tentang pengaturan dana kampanye dengan melakukan diskusi publik dan uji publik yang rencana akan melibatkan masyarakat atau lembaga pegiat pemilu.

“Kita tinggal tekns admnitrasinya, memang belum kita inikan. Sebenarnya ini penguatan saja, ada beberapa hal yang dibahas tadi, kalau pleno sudah kemarin-kemarin, yang lainnya kita akan menyiapkan juga draf PKPU soal dana kampanye. Nanti kita adakan semacam diskus publik dan uji publik mengenai dana kampanye, kita akan melibatkan teman-teman pegiat pemilu dan LSM,” terangnya.

Selain itu Ferry juga menambahkan, ada draf lagi akan diputuskan melalui mekanisme rapat internal, diantaranya yaitu PKPU mengenai partisipasi masyarakat.

“Jadi ketarbukaan informasi itu kita akan siapkan menjadi PKPU karena itu sudah dikonsultasikan dengan pemerintah, sedang kita selesaikan. Itu saja yang kita inikan,” katanya. (gardo)



View Larger Map

Kantor PB Al Washliyah Jalan Jenderal Ahmad Yani No 41 Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat. • Telp: 021.42800624

×