Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Senin, 8 April 2013

Univa Medan Universitas Tertua di Sumut


univa-aw
Kamus UNIVA, Jalan Sisingamaraja, Medan, Sumatera Utara. (ist)

UNIVERSITAS Al Washliyah (UNIVA), Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, berdiri pada 18 Mei 1958. Pada mulanya bertujuan untuk memberi kesempatan kepada pelajar-pelajar yang telah menamatkan pendidikan di tingkat SLTA, Al Qismul`Ali atau Muallimin.

Lahirnya UNIVA merupakan idaman warga Aljamiyatul Washliyah yaitu : Alm.H.M.Arsyad Thalib, Alm H.Adnan Lubis, H.Udin Syamsuddin, Alm.H.M.Nurdin, OK.H Abdul Aziz dan lain-lainnya.

Tanah Kompleks UNIVA adalah waqaf dari kaum mukminin dari berbagai pihak, yang dimaksudkan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam. Dengan demikian, Univa merupakan perguruan tinggi tertua di Sumatera Utara.

Pada tanggal 1 Juni 1958 gedung UNIVA dipakai pemerintah untuk tempat sekolah PGAI (Pendidikan Guru Agama Islam) Negeri.

Setelah UNIVA berumur tiga tahun lahirlah Undang-undang No.22 Tahun 1961 yang isinya setiap Perguruan Tinggi harus memiliki badan hukum yang berbentuk yayasan. Atas dasar peraturan dan undang-undang inilah dilahirkan Yayasan Universitas Al-Washliyah yang diaktenotariskan pada Notaris P.Batubara di Medan pada tanggal 9 November 1962.

Yayasan ini membentuk 5 Fakultas di bawah Perguruan Tinggi Swasta Universitas Al-Washliyah terdaftar di Direktorat Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dengan No.25/B.SWT/P/62.

Lima Fakultas tersebut adalah :
1. Fakultas Syariah
2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
3. Fakultas Ushuludin
4. Fakultas Tarbiyah
5. Fakultas Hukum

Dan mulai terdaftar pada tanggal 23 November 1962.

Kini UNIVA mengasuh 5 Fakultas yaitu
1. Fakultas Agama Islam
2. Fakultas Hukum
3. Fakultas Teknik
4. Fakultas Ekonomi
5. Fakultas Pertanian.

(sumber: univamedan/esbeem)


Populer

×