Kabar Washliyah

Jayalah Washliyah Zaman Berzaman

Majelis

Senin, 1 April 2013

Pimpinan Perguruan Tinggi Al Washliyah Minta Ada Pertemuan Rutin


raker-aw
Pengurus Majelis Pendidikan PB Al Washliyah berfoto bersama peserta Rakernas Perguruan Tinggi Al Washliyah. (foto-hendra gunawan)

BRASTAGI – Ketua Majelis Pendidikan PB Al-Washliyah, Drs. H. Ismail Efendy, M.Si. mengatakan rapat kerja ini mencoba untuk membuat tolak ukur untuk mencapai Perguruan Tinggi Al-Washliyah yang ideal, agar semua yang menjadi kendala dapat terungkap dengan demikian Majelis Pendidikan PB Al-Washliyah akan dapat melakukan evaluasi untuk mengambil langkah-langkah bersama untuk mengatasinya.

Raker ini tidak akan sampai disini saja, tentunya akan kita lakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhannya.Dengan demikian akan terjadi perubahan tata kelola Perguruan Tinggi Al-Washliyah yang semakin berkualitas, kata Ismail Efendy.

Sekretaris PB. Al-Washliyah, Drs. Haris Sambas, mengemukakan yang terpenting dari raker ini adalah bagaimana mengawal di lapangan, sebab kendala di lapangan sangat jauh berbeda daripada sekedar konseptual.Meskipun kita menyadari bahwa kita harus membuat konsep yang ideal tentang tata kelola Perguruan Tinggi Al-Washliyah.

Konsep yang ideal kemudian didukung turun langsung mengatasi setiap persoalan yang ada di lapangan, Insya Allah akan terwujud Perguruan Tinggi Al-Washliyah yang berkualitas.

Sementara itu, Rektor UMN Al-Washliyah Medan, Drs. H,Kondar Siregar.MA menyambut baik kegiatan Raker Pimpinan Perguruan Tinggi, sebab ini merupakan langkah perbaikan terhadap institusi ke depannya, membangun kebersamaan serta kerjasama untuk membangun fasilitas pendidikan yang berkualitas.

Meskipun kita perlu sadari bersama membangun Perguruan Tinggi yang ideal  seperti konsep yang disampaikan dalam Rapat kerja ini akan mengalami kendala dalam tataran implementasinya.Selain fasilitas yang belum memadai, kekurangan sumber daya manusia (SDM) ini merupakan kendala yang paling utama.

Tentunya ini merupakan langkah evaluasi yang positif, bagi UMN Al-Washliyah ke depan sambil belajar, sambil bekerja dan senantiasa melakukan inovasi Insya Allah akan mampu menciptakan fasilitas pendidikan yang berkualitas di segala bidang.

Rektor UNIVA Labuhan Batu, Drs.H.Bukhari Is. MM berpendapat bagi UNIVA Labuhan Batu,  rapat kerja ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan menguatkan komitmen dalam mengelola Perguruan Tinggi.Juga sebagai langkah curah pendapat terhadap masalah yang ada dan mencoba untuk mengatasi dan mencari solusi penyelesaian terhadap segala masalah yang ada.

Yang paling utama dari Rapat kerja ini adalah terciptanya kerjasama saling membantu antara Perguruan Tinggi Al-Washliyah, dengan demikian akan semakin meningkatkan kualitas bersama.

Kepala STIE Al-Washliyah Sibolga, Drs.H.Kaharuddin Simamora, SE,MA, menegaskan rapat Kerja Perguruan Tinggi ini merupakan langkah yang sangat bermanfaat untuk menata Perguruan tinggi Al-washliyah yang berkualitas dan kompetitif.Kita akan berupaya untuk mengoptimalkan implementasi hasil Rapat kerja ini, Insya Allah dengan dukungan dan bimbingan Majaelis pendidikan PB. Al-Washliyah semuanya dapat terlaksana dengan baik.

“Kami berharap pertemuan seperti ini dapat dilaksanakan dua kali dalam setahun, dengan pertemuan secara rutin, akan semakin dapat menciptakan langkah-langkah kongkrit untuk mengatasi segala kendala perguruan Tinggi Al-Washliyah.”

Kepala STIT Al-Washliyah Binjai, Muhammad Darmin Harahap,  menyebutkan ini merupakan langkah kongkrit untuk perbaikan Perguruan Tinggi Al-Washliyah, kalau kami berharap agar UNIVA dan UMN yang ada semakin di maksimalkan, sebab bagi kami STIT Al-Washliyah Binjai dapat mencontoh dan menjadikan rujukan ke Universitas Al-Washliyah tersebut.Dengan menciptakan sekala prioritas tersebut akan tercipta kebanggaan masyarakat kepada Al-Washliyah.

“Kami juga mengusulkan agar pelaksanaan Raker ini dapat dilaksanakan secara rutin, dengan demikian akan meningkatkan kualitas kita bersama.”

Sementara itu, Kepala STKIP Al-Washliyah Banda Aceh, Drs. M. Samsul Bardi, M.Si mengemukakan rapat kerja ini akan berdampak positif bagi kami yang berasal dari daerah, dengan demikian dapat bertukar pikiran dan informasi tentang mengatasi setiap kendala yang ada dalam mengelola perguruan tinggi.

“Kami juga berharap dilaksanakan secara bergilir, dan biarkan Perguruan Tinggi yang di tunjuk menjadi tuan rumah bertindak sebagai panitia pelaksana.Dengan demikian akan terjamin kontiniutasnya.”

Kepala STISIP Al-Washliyah Banda Aceh, Bukhari, S.Pd. M.Pd. mengemukakan dalam Raker ini kami mengusulkan agar Majelis Pendidikan PB Al-Washliyah membantu dan memfasilitasi kami untuk mengusulkan jurusan baru, dengan demikian tidak terkesan MP PB Al-Washliyah hanya mau mengatur saja terhadap perguruan tinggi Al-Washliyah yang ada.

Kami juga mendukung dilaksanakannya Rapat Kerja ini secara kontinyu, dengan demikian akan meningkatkan kerjasama dan meningkatkan kualitas.

Kepala STAI Al-Washliyah Banda Aceh, Ida Fitriana, pada intinya kami berdapat sama dengan yang lainnya, perlunya di tingkatkan pertemuan seperti ini sebagai langkah evaluasi untuk kepentingan dan kemajuan kita bersama.Dan kami berharap kepada Majelis pendidikan PB Al-Washliyah untuk lebih memfasilitasi kami dalam segala hal demi terciptanya kemajuan kita bersama.

Tokoh muda Al Washliyah, DR.H. Azhar Sitompul, MA. menilai kegiatan Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Al-Washliyah ini merupakan langkah sangat positif sekali dalam rangka meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi Al-washliyah yang terukur.Kegiatan ini harus benar-benar di tindak lajuti dan dilaksanakan evaluasi yang terukur.

Kalau sudah demikian saya memiliki keyakinan bahwa ini merupakan titik awal kebangkitan Perguruan Tinggi Al-Washliyah se Indonesia.Kedepan kita dapat menyaksikan Perguruan Tinggi Al-Washliyah setara dengan Perguruan Tinggi Nasional lainnya.(hendra gunawan/esbeem)


Populer

×